Ilustrasi arus mudik Lebaran - - Foto: Medcom
Ilustrasi arus mudik Lebaran - - Foto: Medcom

Posko Mudik ESDM Siap Pantau Kondisi Energi dan Kebencanaan

Ekonomi Mudik Lebaran Kementerian ESDM Stok BBM bph migas Ketahanan Energi Idulfitri 1443 Mudik Lebaran 2022 posko mudik Info Mudik Mudik 2022
Eko Nordiansyah • 25 April 2022 14:31
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyelenggarakan Posko Nasional Sektor ESDM arus mudik Idulfitri 1443 H. Kementerian ESDM menunjuk Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebagai koordinator pelaksanaannya.
 
Posko Nasional ESDM ini berlangsung selama 17 hari, yaitu mulai 25 April hingga 11 Mei 2022, dan terdiri dari empat posko, yaitu Posko BBM, Posko LPG dan Gas Bumi, Posko Listrik dan Posko Antisipasi Bencana Geologi.

 
Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, posko ini memiliki tugas untuk memastikan ketersedian BBM, gas, listrik, dan kondisi kebencanaan. Posko ini akan dikelola bersama oleh unit eselon I Kementerian ESDM serta Badan Geologi Kementerian ESDM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar selalu update, sehingga apabila ada kendala-kendala langsung bisa ditangani dengan cepat, dan tidak mengganggu aktivitas hari raya masyarakat," kata dia dalam video conference, Senin, 25 April 2022.
 
Hingga saat ini, Erika memastikan ketersediaan stok untuk BBM dalam kondisi normal dengan rata-rata kecukupan untuk 21 hari. Selain itu, stok LPG juga dalam kondisi normal, dan untuk sektor listrik secara umum dalam kondisi aman.
 
Di sektor geologi, intensitas curah hujan di beberapa wilayah seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah bagian selatan, Sulawesi Selatan dan NTT bagian barat menunjukan adanya tanda-tanda peningkatan.
 
"Oleh karena itu perlu diwaspadai potensi terjadinya gerakan tanah/longsor di jalur jalan dan zona lainnya yang termasuk ke dalam zona kerentanan gerakan tanah menengah hingga tinggi," ujar dia.
 
Adapun tugas Posko Nasional Sektor ESDM antara lain melakukan pengumpulan/inventarisasi data lapangan, melakukan koordinasi dan pengawasan lapangan terhadap fasilitas penyediaan dan pendistribusian BBM, gas, dan listrik dan Daerah Rawan Bencana di Indonesia.
 
Selain itu, posko juga bertugas melakukan evaluasi hasil koordinasi pengawasan mengenai penyediaan dan pendistribusian BBM, gas, listrik dan kebencanaan Geologi, melakukan penyusunan rekomendasi aksi tanggap darurat penanganan kelangkaan pasokan BBM, gas, listrik dan penanganan bencana alam serta menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan yang akan dilaporkan setiap harinya kepada Menteri ESDM.
 
"Dengan adanya Posko Nasional Sektor ESDM ini, dapat dilakukan monitoring terus menerus sehingga kebutuhan masyarakat akan pasokan BBM, Gas, Listrik dan Informasi Kebencanaan dapat terpenuhi dan aktivitas mudik dapat berjalan lancar, aman dan terkendali," pungkasnya.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif