Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Sedekah Via Lembaga Amal Tekan Jumlah Pengemis

Ramadan zakat Ramadan 2020
Kautsar Widya Prabowo • 23 Mei 2020 01:14
Jakata: Masyarakat disarankan bersedekah melalui lembaga penyalur amal dan zakat. Hal dipercaya mampu menekan jumlah pengemis yang selalu bermunculan pada bulan suci Ramadan.
 
Pengamat sosial Universitas Indonesia Devie Rahmawati menjelaskan pemberian uanglangsung kepada pengemis tidak dapat menaikkantaraf hidup mereka. Uang receh dari masyarakat tidak membawa perubahan yang signifikan bagi mereka untuk hidup mandiri.
 
"Kalau lewat badan amal, dana yang terkumpul lebih besar dan memberikan dampak yang lebih luas," kata Devie kepada Medcom.id, Jumat, 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Devie menyebut amal secara langsung memiliki kesan tersendiri bagi beberapa orang. Berdasarkan penelitian dari salah satu negara di Eropa, rata-rata orang yang beramal secara langsung ingin menggugurkan dosa-dosa yang pernah dilakukan.
 
Kendati demikian, dia menekankan sepanjang masih ada masyarakat yang memberikan sedekah langsung, tidak heran jika pengemis terus menjamur di Ibu Kota. Pemerintah setempat pun bakal merasa kewalahan untuk terus merazia pengemis.
 
Baca: Pemprov DKI Mulai Sisir Gepeng di Jalanan
 
Devie menyebut pengemis pada bulan Ramadan termasuk golongan pengemis musiman. Mereka memiliki strategi dalam membaca kondisi psikis objek incarannya.
 
"Mereka berada di pusat perbelanjaan. Secara psikis orang abis belanja merasa iba dan tidak nyaman orang minta-minta. Pasti mereka akan memberikan (uang)," jelas Devie.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif