Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu 19 Mei 2019. Antonio/Medcom.id
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu 19 Mei 2019. Antonio/Medcom.id

150 Ribu Kendaraan Diperkirakan Melintas di GT Cikarut saat One Way

Ramadan Mudik Lebaran 2019 Ramadan 2019
Antonio • 19 Mei 2019 14:12
Bekasi: Sebanyak 150 ribu kendaraan diperkirakan akan melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama pada saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas satu arah (one way) pada saaat puncak mudik Lebaran 2019 mendatang.
 
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, diperkirakan akan terdapat sebanyak 55 persen kendaraan yang melintas ke arah Semarang atau Brebes dan 45 persen ke arah Bandung.
 
"Dari penghitungan yang kita amati, lebaran diperkirakan 150 ribu kendaraan. Ini lah yang akan kita manage di one way tersebut. Oleh karena jumlahnya begitu besar, kita perlu lakukan sejumlah rekayasa, di mana jasa marga sudah berkoordinasi dengan kepolisian,” kata Budi di Bekasi, Minggu, 19 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:One WayBerlaku Saat Puncak Arus Mudik
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jasa Marga, Desi Aryyani mengatakan, volume kendaraan di dalam tol akan terpecah di Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip yang mulai dibuka pada 23 Mei 2019 mendatang.
 
“Makanya sebetulnya kita meniadakan transaksi di Cikarang Utama. Jadi gerbang Cikarang Utama mulai tanggal 23 sudah tidak difungsikan sesuai SK pak Menteri PU dan transaksi pindah ke Cikampek Utama dan di Kalihurip. Di situ sudah 55 persen dan 45 persen, sehingga untuk menghadapi one way pun aman” paparnya.
 
Transaksi di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama akan direlokasi ke GT Cikampek Utama di Km 70 dan GT Kalihurip Utama di KM 67 mulai 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB. GT Cikampek Utama di Km 70 untuk pengguna jalan dari atau menuju timur (Jalan Tol Cikopo-Palimanan) dan GT Kalihurip Utama di KM 67 untuk pengguna jalan dari atau menuju selatan (Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi).
 
Baca:PemberlakuanOne Waysaat Mudik Tak Perlu Dicemaskan
 
Diketahui, Rekayasa lalu lintas satu arah akan diberlakukan untuk antisipasi peningkatan kemacetan arus mudik dan balik. Pasalnya, animo masyarakat jelang mudik lebaran 2019 diperkirakan bakal meningkat hingga 30-40 persen dibanding tahun sebelumnya.
 
"Kita melakukan analisa, evaluasi, dan perkiraan yang paling tepat untuk saat ini kita lakukan one way pada tanggal, hari dan mungkin jam-jam tertentu pada ruas-ruas tertentu, baik pada saat mudik maupun balik," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Rekayasa satu arah bakal diberlakukan saat puncak arus mudik H-3, yakni tanggal 31 Mei-2 Juni 2019. One way akan diberlakukan di KM 25 Cibitung hingga KM 262 Brebes Barat.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif