Kemenhub Kerahkan 16 Kapal Angkut Pemudik
Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor/ANT/Agus Setyawan
Jakarta: Belasan kapal disiapkan mengangkut  pemudik dan sepeda motor secara gratis. Kapal tersebut diberangkatkan dari Dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sejak 9-13 Juni 2018.

"Kami menyiapkan total ada 16 kapal dengan kapasitas penumpang total mudik dan kembalinya 30 ribu dan sekitar 15 ribu untuk motor," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo di Dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu, 10 Juni 2018. 


Pemudik tidak dibebankan biaya berangkat ke kampung halaman dan kembali ke Ibu Kota. Agus memprediksi jumlah pemudik beserta kendaraan roda dua pada mudik Lebaran tahun ini meningkat ketimbang tahun lalu.

"Tahun ini peningkatan luar biasa bisa, dikatakan hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya," imbuh dia.

Baca: Pemudik Menggunakan Motor Menurun 12%

Agus mengatakan Kemenhub memberikan mudik gratis dengan kapal setiap tahun. Program tersebut untuk meminimalisasi kemacetan di jalur darat.

"Kepadatan lalu lintas di lintas utara Jawa ini luar biasa pada masa mudik. Dengan adanya mudik dengan kapal laut termasuk motornya termasuk barang bawaannya yang banyak itu, insyaallah bisa mengurangi beban jalan raya di lintas utara Jawa," kata dia.

Ia berharap proses perjalanan kapal mudik yang dilepas pada hari ini lancar. Sehingga kapal-kapal tersebut bisa sampai di pelabuhan tujuan bersok.

"Jadi silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya di kapal untuk istirahat. Supaya sampai di tempat mudik tetap fresh," ujar dia.




(AZF)