Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kemeja putih). Foto: Cindy/Medcom.id
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kemeja putih). Foto: Cindy/Medcom.id

Kapolri Sebut Arus Mudik Lebaran Lancar

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Cindy • 05 Juni 2019 12:27
Jakarta: Arus mudik Lebaran 2019 dinilai relatif lancar. Titik kemacetan berkurang ketimbang tahun sebelumnya.
 
Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pembangunan Tol Trans Jawa turut membantu kelancaran arus mudik. Khususnya, bagi pemudik yang menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 
"Saya mengecek dengan Panglima TNI sampai dengan ke Jawa Timur, relatif bagus. Kemacetan sedikit, mungkin ada di pintu jalan tol, terutama yang keluar mau ke Cirebon karena mau keluar ke daerah selatan. Kemudian di daerah Semarang, karena juga mau pecah di daerah jalan nasional pulang kampung," kata Tito di Mabes Polri Jakarta Selatan, Rabu, 5 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan waktu tempuh kendaraan saat mudik berkurang signifikan. Pembangunan infrastruktur seperti Tol Bakauheni-Palembang membantu mengurangi kemacetan.
 
"(Tol) itu juga memperpendek jaraknya jadi lima jam. Ini dari semula bisa di atas delapan jam, ini sangat membantu," ucap Tito.
 
Menurut dia, rekayasa lalu lintas yang diberlakukan seperti contraflow dan one way juga membantu mengurai kepadatan kendaraan. One way dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Semarang bahkan menjadi lajur yang terpanjang.
 
"Bahkan one way terpanjang sampai dengan ke Semarang, namanya gerbang Tol kalikangkung itu 400 km," terangnya.
 
Baca:Menhub: Pembangunan Infrastruktur Lancarkan Mudik 2019
 
Dia mengaku mendapat informasi ada masyarakat yang bisa menempuh waktu hanya lima jam dari Jakarta ke Semarang. Padahal sebelumnya mencapai 10 jam.
 
"Jadi lancar. Ini saya kira luar biasa dibanding sebelumnya bisa sampai 10 jam," ungkap mantan Kapolda Metro Jaya itu.
 
Arus lalu lintas di Jalur Pantura juga terpantau lancar, baik menuju Jawa maupun ke Jakarta. Hal itu terbantu dengan sistem baru di gerbang tol.
 
"Mekanisme di gerbang tol juga bagus dengan adanya sistem jemput bola, namanya card reader dari Jasa Marga," ungkapnya.
 
Dia juga menyinggung soal antrean panjang yang terjadi di Pelabuhan akauheni dan Merak. Menurut dia, otoritas pelabuhan dapat mengantisipasi dengan membuka gerbang lain dan penambahan kapal.
 
"Sehingga akhirnya semua bisa cair dengan cepat. Rest area juga sudah bagus tergelar, saya kira masyarakat sudah bisa menikmati ini arus mudik ditambah dengan waktu yang cukup panjang 29 Mei sampai dengan 4 Juni, ini relatif panjang," katanya.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif