Ilustrasi kendaraan melintas di Tol Trans Jawa. ANT/Dedhez Anggara.
Ilustrasi kendaraan melintas di Tol Trans Jawa. ANT/Dedhez Anggara.

Menhub: Pembangunan Infrastruktur Lancarkan Mudik 2019

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Faisal Abdalla • 04 Juni 2019 19:58
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersyukur arus mudik 2019 relatif lancar. Dia menilai tersambungnya Tol Trans Jawa berkontribusi pada kelancaran arus mudik tahun ini.
 
"Bisa dikatakan bahwa tahun 2019 ini adalah pembuktian bahwa pembangunan infrastruktur itu sangat berguna bagi konektivitas kota ke kota terutama di Pulau Jawa," kata Budi di Posko Mudik Lebaran Kemenhub, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2019.
 
Menhub menyebut meningkatnya kualitas arus mudik pada tahun ini dibuktikan dari testimoni masyarakat. Pemudik relatif puas karena waktu tempuh perjalanan yang lebih singkat dari tahun sebelumnya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini secara kualitatif dapat ditemui di beberapa media. Masyarakat mengatakan dari Jakarta ke Semarang 6 jam, Jakarta ke Solo 8 jam, Jakarta ke Surabaya kurang dari 10 jam. Satu angka kualitatif yang menggembirakan dari kepuasan para pemudik ini," ujarnya.
 
Baca: Jalur Selatan Nagreg Lancar
 
Jumlah angka kecelakaan pada arus mudik tahun ini juga jauh berkurang dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data dari Kakorlantas Polri, hingga H-2 lebaran atau Senin, 3 Juni 2019, jumlah angka kecelakaan turun 60 persen.
 
Pada tahun 2018, jumlah angka kecelakaan di waktu yang sama mencapai 831 kejadian. Pada 2019, jumlahnya hanya 336 kejadian.
 
"Berarti apa yang kita upayakan bahwa tahun ini mudik lancar tetapi juga safety mendapatkan keberhasilan relatif baik. Kami sangat mengpresiasi kerjasama pemerintah pusar, Polri, Pemerintah Daerah, dan bidang terkait lainya," ujar Mantan Dirut Angkasa Pura II itu.
 
Menhub menyebut arus mudik hingga H-1 jelang lebaran sudah relatif landai. Namun demikian, dia meminta jajarannya tetap fokus menghadapi arus balik yang diprediksi mencapai puncaknya pada 8 dan 9 Juni 2019.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif