Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu 19 Mei 2019. Antonio/Medcom.id
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama, Minggu 19 Mei 2019. Antonio/Medcom.id

Pintu Keluar Tol One Way Tak Hanya di Brebes Barat

Ramadan Mudik Lebaran 2019 Ramadan 2019
Antonio • 19 Mei 2019 14:22
Bekasi: Kementerian Perhubungan memastikan bahwa kendaraan yang melintas dari Gerbang Tol Cikampek Utama tidak harus keluar di Gerbang Tol Brebes Barat pada penerapkan one way saat arus mudik Lebaran 2019.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengendara dari arah Jakarta yang hendak ke Majalengka, Palimanan, Indramayu, bisa keluar di Gerbang Tol Plumbon (Cirebon).
 
Hal itu ia sampaikan usai melakukan pembahasan mengenai detail pemberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) pada mudik Lebaran di Gerbang Tol Cikarang Utama. Pembahasan dilakukan dengan pihak kepolisian, Jasa Marga, dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tadi kita bahas tentang detail daripada rencana untuk diberlakukan satu arus (one way). Satu hal yang penting, bahwa satu arus itu tidak keluar di Cirebon semuanya (tapi masih lanjut ke GT Brebes Barat),” kata, Budi karya, di lokasi, Minggu 19 Mei 2019.
 
Baca: One Way Berlaku Saat Puncak Arus Mudik
 
Dirinya mencontohkan, pengendara dari arah Jakarta yang hendak ke Majalengka, Palimanan, Indramayu, bisa keluar di Gerbang Tol Plumbon.
 
“Di Cirebon (Gerbang Tol Plumbon, Ciperna dan Kanci) itu banyak keluar yang ke Cirebon maupun ke Kuningan. Yang lebih besar lagi di (Gerbang Tol) Ciperna itu mau ke Tasik, ke Kuningan, ke Ciamis mau ke Banjar juga di sana,” ujar Budi.
 
Baca: Pemberlakuan One Way saat Mudik Tak Perlu Dicemaskan
 
Kemudian, kata dia, kendaraan yang hendak ke Purwokerto keluar di Gerbang Tol Pejagan. "Jadi praktis mungkin dari Brebes ke Jawa Tengah itu kira - kira 50 persen itu lah ya. Jadi cukup satu arus," ujarnya.
 
Diketahui, Rekayasa lalu lintas satu arah akan diberlakukan untuk antisipasi peningkatan kemacetan arus mudik dan balik. Pasalnya, animo masyarakat jelang mudik lebaran 2019 diperkirakan bakal meningkat hingga 30-40 persen dibanding tahun sebelumnya.
 
"Kita menganalisa, evaluasi, dan perkiraan yang paling tepat untuk saat ini kita lakukan one way pada tanggal, hari dan mungkin jam-jam tertentu pada ruas-ruas tertentu, baik pada saat mudik maupun balik," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Rekayasa satu arah bakal diberlakukan saat puncak arus mudik H-3, yakni tanggal 31 Mei-2 Juni 2019. One way akan diberlakukan di KM 25 Cibitung hingga KM 262 Brebes Barat.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif