Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setya. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setya. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

40 Persen Pemudik Sumatera Belum Pulang ke Jakarta

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Ilham Pratama Putra • 11 Juni 2019 16:43
Jakarta: Sebanyak 35 hingga 40 persen pemudik Pulau Sumatera dari Jakarta belum kembali. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi mereka akan kembali Minggu, 16 Juni 2019.
 
"Itu juga bagian perilaku masyarakat yang nyebrang ke Sumatera. Misal ayahnya Minggu (9 Juni 2019) kemarin balik, anaknya ibunya baru Minggu depannya," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setya di Gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Juni 2019.
 
Dia mengatakan hal itu terjadi karena perjalanan ke Sumatera membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, para pemudik betah berlama-lama di kampung halaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut juga dilakukan pemudik ke Gilimanuk, Bali. Dia menyebut saat ini pergerakan pemudik dari Bali ke Jawa diprediksikan terus bergerak hingga seminggu ke depan.
 
Baca: Angkutan Barang Tak Bisa Lewat Tol Hingga 12 Juni
 
Pemudik lintas pulau ini gunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk kemudian diangkut dengan kapal. Kemenhub mencatat pemudik yang masuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, (Jabodetabek) lewat Pelabuhan Merak, Sadang, Balonggandu, dan Rancaekek mencapai ribuan.
 
Setidaknya 9.958 kendaraan roda dua, dan 5.245 roda bergerak empat hari ini. Sementara itu, masih terdapat pula kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek hari ini, di antaranya 2.695 kendaraan roda dua dan 5.496 untuk roda empat.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif