Tol Cikampek tak Sepadat Kemarin
Pengendara melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. Foto: Antara/Risky Andrianto.
Jakarta:Jumlah kendaraan yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu, 10 Juni 2018, tercatat berkurang. Lalu lintas lebih lancar dibandingkan hari sebelumnya. 

Menurut data PT Jasa Marga pada Minggu kemarin, jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 88.593 unit. Kendaraan itu didominasi mobil pribadi. 


Sementara itu, Sabtu, 9 Juni 2018, menjadi hari dengan jumlah kendaraan yang paling tinggi. Total kendaraan yang melalui tol itu sebanyak 109.165 kendaraan.

Jumat, 8 Juni 2018, jumlah kendaraan yang tercatat melalui gerbang masuk jalan tol Jakarta-Cikampek di Cikarang Utama sebanyak 89.363 unit. Pada Kamis, 7 Juni 2018, sebanyak 74.374 kendaraan melintas di lokasi.

Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Irwansyah menjelaskan lalu lintas kendaraan pada hari ini masih bercampur antara kendaraan pemudik dengan pegawai di kawasan industri di Karawang ataupun Cikarang. Namun, arus kendaraan tidak padat secara signifikan.

PT Jasa Marga, kata dia, memprediksi puncak mudik terjadi pada Selasa, 12 Juni 2018, atau Rabu, 13 Juni 2018. Ini mempertimbangkan sejumlah perusahaan swasta yang baru meliburkan pegawainya pada hari tersebut.

"Kita melihat lagi jika pegawai swasta belum libur, kita lebih waspada lagi di H minus 3 mungkin di hari Rabu kita antisipasi. Dan kita prediksi ada lonjakan arus lalu lintas," kata Irwansyah, Senin, 11 Juni 2018.

Baca:Dishub Fokus ke Terminal hingga Pintu Tol

Untuk memperlancar arus lalu lintas, PT Jasa Marga melarang kendaraan berat di atas golongan 1 melalui jalan tol Jakarta Cikampek pada 12 Juni 2018. Kendaraan berat logistik seperti truk dikhawatirkan dapat memperlambat arus kendaraan.



(OGI)