Warna rumah yang baik menurut ilmu feng shui. Foto: Shutterstock
Warna rumah yang baik menurut ilmu feng shui. Foto: Shutterstock

4 Warna Cat Rumah yang Baik Sesuai Feng Shui

Properti feng shui desain interior Tips Properti tips rumah
Rizkie Fauzian • 11 November 2020 10:58
Jakarta: Warna merupakan salah satu elemen yang membawa pengaruh yang cukup besar pada tampilan sebuah bangunan rumah. Dalam ilmu Feng Shui, warna cat rumah juga akan mempengaruhi aliran energi yang ada pada hunian tersebut.
 
Untuk itu, bagi mereka yang percaya Feng Shui, memilih warna cat rumah merupakan hal yang penting karena diyakini akan mempengaruhi rezeki, kesehatan bahkan keharmonisan rumah tangga.
 
Prinsip dasar pemilihan warna cat untuk sebuah bangunan rumah menurut Feng Shui adalah keseimbangan antara elemen warna yang dominan dan elemen warna pelengkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, jika Anda memilih warna merah yang dalam Feng Shui warna merah ini penuh dengan unsur api, maka energi yang ditimbulkan berupa energi panas sehingga ruangan akan terasa atau menjadi panas, kurang santai, dan bahkan tidak rileks/ menenangkan.
 
Nah, untuk menyeimbangkannya, Anda bisa berikan tambahan beberapa elemen warna netral atau lembut seperti warna putih, coklat muda, biru muda, hitam, atau orange. Warna-warna netral atau lembut ini bisa Anda terapkan pada furniture atau dekorasi interior.
 
Dengan cara ini energi panas yang dominan pada ruangan akan sedikit dinetralkan oleh beberapa elemen warna di atas sehingga ruangan tak lagi panas, melainkan hangat.
 
Sebaliknya, menerapkan warna cat dominan gelap juga dinilai kurang baik menurut Feng Shui. Efeknya ruangan akan tampak ‘dingin’, berenergi negatif, dan terlihat suram.
 
Anda bisa seimbangkan warna gelap ini dengan penambahan unsur terang agar ruangan tampak nyaman, enak dilihat, dan sempurna. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan warna-warna yang termasuk kelima elemen pokok dalam Feng shui plus jenis energi yang dibawanya, simak ulasan berikut ini, dikutip dari laman resmi Lamudi.co.id

1. Hitam dan Biru Muda

Dua warna ini memiliki unsur dan energi air yang besar. Energi air bersifat menenangkan serta dapat meningkatkan daya imajinasi Anda sehingga warna ini sangat cocok untuk Anda yang dalam bekerja dianggap kurang kreatif. Warna berenergi air ini mampu meningkatkan kreativitas seseorang.
 
Selain itu, warna ini juga dapat membuat Anda rileks dan dapat meningkatkan konsentrasi. Warna ini cocok sekali digunakan pada ruangan terapi yoga/ meditasi dan juga tempat peribadatan.
 
Jadi secara tidak langsung energi air yang dibawa oleh warna hitam dan biru muda ini dapat menurunkan tingkat stress sehingga kesehatan psikis dan fisik tetap akan terjaga. Variasi warna lainnya yang mengandung energi air adalah warna campuran biru dan ungu.

2. Hijau

Warna cat hijau sendiri mengandung unsur kayu dimana unsur kayu ini dapat menciptakan energi pemicu semangat. Efek tidak langsung dari penerapan warna hijau bagi penghuni rumah adalah dapat merangsang penghuni rumah untuk lebih aktif dan produktif. Tak heran banyak ahli Feng shui yang merekomendasikan warna hijau sebagai warna utama bangunan perkantoran dan ruang belajar.
 
Anda penyuka warna hijau juga dapat mengkombinasikan warna hijau dan biru pada kamar tidur Anda. Kombinasi warna ini sangat baik karena memiliki dua unsur penting penting, yaitu kayu dan air. Cocok juga diterapkan di kamar anak agar tumbuh kembangnya, baik dari sisi spiritual dan kognitifnya.

3. Kuning

Menurut ilmu feng shui, warna cat kuning termasuk ke dalam elemen tanah. Warna kuning juga melambangkan spiritual, kebahagiaan dan keceriaan. Oleh para praktisi feng shui, warna ini dipercaya dapat memberikan energi positif dan menumbuhkan kreativitas, bahkan banyak juga yang meyakini warna kuning sangat cocok untuk terapi kesehatan terutama untuk mereka yang selalu bermasalah dengan pencernaan.

4. Putih

Warna cat putih diidentikan dengan kesucian, kehangatan serta kemurnian. Warna ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian, biasanya warna cat putih diaplikasikan di ruang keluarga, ruang makan atau tempat tidur utama. Warna cat putih juga dapat menimbulkan kesan yang lapang pada ruangan.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif