Menempatkan jam di rumah menurut feng shui. Foto: Shutterstock
Menempatkan jam di rumah menurut feng shui. Foto: Shutterstock

Menurut Feng Shui, Begini Cara Menempatkan Jam di Rumah

Medcom • 21 Oktober 2022 14:06
Jakarta: Jam merupakan salah satu barang penting di rumah karena dapat menunjukkan waktu dan juga bisa menjadi dekorasi yang baik. Selain itu, dalam perspektif prinsip feng shui, jam memainkan peran penting karena gerakan rotasi jarum jam dapat mempengaruhi energi qi.
 
Menurut filosofi feng shui, jam memiliki pengaruh yang kuat terhadap kehidupan. Penempatan jam harus sesuai dengan feng shui untuk mencapai keberuntungan dan kesejahteraan dalam hidup.
 
Jika menempatkan jam dengan tidak benar itu akan menarik qi negatif sehingga dapat membawa masalah bagi penghuni rumah. Untuk itu, berikut ini panduan menempatkan jam, dilansir dari Feng Shui Beginner.

1. Pilih ukuran yang tepat

Ukuran jam harus sesuai dan proporsional dengan ukuran ruangan. Jika Anda memiliki ukuran ruangan yang kecil, sebaiknya jangan menggunakan jam yang terlalu besar karena dapat membuat Anda merasa tertekan hingga menyebabkan masalah kesehatan.

2. Bentuk yang ideal 

Untuk di rumah sebaiknya hindari menggunakan jam dengan bentuk yang tidak beraturan. Pilihlah jam berbentuk persegi atau bulat, karena bentuk ini melambangkan kelengkapan dan keseimbangan. Bentuk ini akan menciptakan qi positif dan keharmonisan dalam keluarga.

3. Pastikan jam berfungsi dengan baik

Jika jam telah rusak atau tidak berfungsi, maka segeralah untuk menggantinya karena hal ini dianggap sebagai bentuk kekacauan. Dalam prinsip feng shui, kekacauan adalah larangan besar bagi sebuah rumah karena menciptakan getaran negatif dan energi stagnan.
 
Baca juga: Menyimpan Barang di Bawah Tempat Tidur Tidak Baik? Ini Alasannya

Selain itu, jam yang rusak dan berputar dengan lambat melambangkan rintangan yang menyebabkan hambatan yang mungkin Anda rasakan dalam hidup Anda. Untuk itu, Anda harus segera memperbaikinya atau menggantinya agar jam dapat kembali membawa gerakan Chi positif ke dalam hidup Anda.

4. Jangan menggantung jam dinding besar di kamar tidur

Kamar tidur adalah tempat yang tenang untuk beristirahat dan bersantai, jika Anda meletakkan jam dengan ukuran besar di ruangan ini akan cenderung menyebabkan stres karena Anda akan mendengar suara detak jam yang keras.

5. Gunakan satu jam

Menurut aturan Feng Shui, sebaiknya hanya memasang satu jam di ruang utama, karena terlalu banyak jam akan menyebabkan ketegangan, dan pada akhirnya, hubungan antar anggota keluarga akan memburuk. Dan, jam tidak perlu ada di setiap ruangan, jika diperlukan sebaiknya gunakan jam kecil atau jam meja.

6. Posisi jam di ruang tamu 

Jika Anda memilih untuk menggantung jam di ruang tamu, hindari menempatkannya pada posisi di mana Anda akan melihatnya sebagai hal pertama saat masuk rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, hindari juga menempatkannya di timur dan barat karena dapat mempengaruhi kesehatan penghuni pria.
 
Itulah panduan terkait jam di rumah menurut feng shui untuk Anda pertimbangkan. Bentuk dan letak jam dapat berdampak signifikan pada aliran chi di rumah, terlebih bagi Anda yang sedang mengoptimalkan aliran chi dan kesehatan mental. (Eka Putri Wahyuni)
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif