Kamar Mandi pun Perlu Renovasi

Rizkie Fauzian 07 Februari 2018 20:32 WIB
toilet digabung
Kamar Mandi pun Perlu Renovasi
Pasangan suami-istri mendiskusikan model bathtube dalam pameran produk sanitary di Jakarta. MI/Panca Syurkani
Jakarta: Kamar mandi bagian penting sebuah rumah. Sedemikian penting, tidak heran banyak orang yang membuatnya senyaman mungkin.

Anda yang saat ini berencana untuk merenovasi kamar mandi? Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan;

Posisi

Sangat dianjurkan meletakkan kamar mandi di lantai bawah. Ini agar urusan plumbing menjadi lebih sederhana. Namun bila sangat memerlukan ada kamar mandi atau toilet di lantai atas, pastikan di bawahnya bukan dapur.

Sirkulasi udara



Kamar mandi yang pengap dan bau adalah akibat  buruknya sirkulasi udara. Jangan lupa memastikan ada aliran udara masuk dan keluar yang terpisah agar udara dalam kamar mandi tetap terjaga.

Masalahnya tidak sedikit yang membangun kamar mandi di bawah tangga. Rumah pun berada di lokasi sangat padat sehingga tidak ada sisa lahan terbuka untuk memasok udara segar dan membuang udara pengap.

Bila situasi ini yang Anda hadapi, siasatilah dengan memasang exhaust fan dua arah. Pasang di kusen pintu atau plafon bila di atasnya adalah ruang kosong. Kipas inilah yang akan menarik keluar udara pengap. Ganti arah putarnya untuk pasok udara.    

Plafon rata

Di dalam feng shui disebutkan plafon yang rata akan membuat peredaran energi positif di kamar mandi lebih maksimal. Selain itu jangan ada bagian plafon yang menonjol agar tidak mengganggu alirannya.

Letak kloset



Penempatan kloset bisa menjadi masalah dilematis. Terlebih bagi yang rumah di lahan sempit, temasuk rumah susun dan apartemen yang memperbaiki posisi kloset bukan urusan mudah.

Di dalam budaya Islam, dianjurkan agar tidak memasang kloset menghadap dan membelakangi arah kiblat. Di dalam fengshui dianjurkan tidak menempatkan kloset berhadapan frontal dengan pintu agar energi negatifnya terisolir.


 

(LHE)