Trik dekorasi apartemen mungil. Foto: Shutterstock
Trik dekorasi apartemen mungil. Foto: Shutterstock

Bikin Nyaman, Begini Trik Dekorasi Apartemen Mungil

Rizkie Fauzian • 27 Januari 2022 12:48
Jakarta: Apartemen merupakan salah satu alternatif hunian yang banyak dipilih kaum milenial karena lokasinya yang strategis dekat dengan pusat kota. Apartemen studio biasanya memiliki ukuran kecil sehingga cocok bagi milenial atau keluarga muda. 
 
Selain biaya sewa yang lebih rendah, apartemen dengan ukuran kecil juga lebih mudah dibersihkan. Untuk dekorasinya, pilih desain yang mengutamakan fungsi, kenyaman, namun tetap dengan estetika.
 
Biasanya kendala yang banyak dihadapi oleh penghuni apartemen kecil adalah area yang terbatas. Dekorasi yang salah bisa membuat suasana apartemen menjadi pengap, apalagi jika diisi dengan banyak furnitur.
 
Berikut ini tips mendekorasi apartemen kecil agar tetep nyaman ditempati penghuni, namun tetap enak dipandang.

1. Gunakan karpet yang tepat

Anda bisa memulai pengaturan tata ruang apartemen dari lantai apartemen. Pasang karpet agar suasana apartemen tampak lebih hidup. 
 
Hal utama yang wajib diperhatikan untuk dapat menciptakan suasana ruangan apartemen yang lebih hidup adalah warna karpet karena warna karpet sangat berpengaruh pada penciptaan visual sempit atau luasnya sebuah ruangan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warna-warna muda pada karpet akan membuat ruangan apartemen mungil Anda tampak lebih luas.

2. Pilih gorden 

Ganti pemasangan gorden dengan cara baru. Pemasangan gorden baru yang dimaksud adalah gorden dari langit-langit hingga ke lantai. 
 
Teknik pemasangan gorden ini dapat menciptakan kesan ruangan menjadi lebih tinggi. Jangan lupa tetap selektif dalam memilih motif gorden. 
 
Seperti misalnya dengan memilih motif gorden bergaris vertikal. Motif ini akan membuat ruangan apartemen mungil Anda terlihat lebih panjang.

3. Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan juga memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan kesan ruangan apartemen yang luas dan tinggi. 
 
Cahaya dengan intensitas temaram akan membuat suasana ruangan terasa lebih hangat dan membuat pandangan lebih luas ke seluruh sisi ruangan. 
 
Penggunaan lampu-lampu sorot pada dinding ataupun plafon juga akan sangat membantu penciptaan citra ruangan yang luas, menarik, dan berbeda.

4. Pilih furnitur yang tepat 

Bermain-mainlah dengan furniture yang berukuran pendek untuk ruangan apartemen mungil Anda. Jenis furniture ini dapat membuat ruang apartemen Anda terlihat lebih lapang karena volume furniture yang tampak berkurang. 
 
Hindari pemilihan furniture yang berukuran besar. Namun jika Anda ingin menempatkan sebuah sofa berukuran besar, sandingkan dengan kursi dengan kaki ramping dan panjang.

5. Tambahkan cermin 

Agar ruangan terlihat lebih luas, Anda juga bisa menggunakan cermin besar pada dinding, perabot, atau bagian bukaan pada jendela. 
 
Penggunaan cermin yang benar seolah-olah akan membuat volume ruangan apartemen Anda menjadi dua kali lipat lebih besar.
 
Tentunya ini sangat sesuai dengan teori seputar cermin khususnya teori tentang hukum pemantulan cahaya. Dengan menggunakan cermin, ruangan apartemen Anda akan terlihat lebih luas dan tinggi.

6. Gunakan furniture bentuk lengkung

Umumnya apartemen memiliki bentuk desain kotak yang kaku. Untuk mencairkan suasananya, Anda bisa tempatkan furniture asimetris seperti furniture berbentuk lengkung.

7. Rak gantung 

Rak gantung ini tentu akan bermanfaat untuk Anda. Anda bisa menempatkan benda-benda seperti buku, pigura, vas, cangkir hiasan, dll di dalamnya. Posisi rak yang digantung pada dinding tidak akan 'memakan' space apartemen Anda.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif