Penyebab AC di rumah bau. Foto: Shutterstock
Penyebab AC di rumah bau. Foto: Shutterstock

AC di Rumah Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Ini Penyebabnya

Rizkie Fauzian • 12 Februari 2022 18:34
Jakarta: Air Conditioner (AC) merupakan peralatan elektronik yang hampir digunakan setiap hari. Untuk itu, AC memerlukan perhatian yang ekstra dengan dibersihkan secara teratur.
 
Salah satu masalah yang paling umum adalah bau tak sedap yang berasal dari AC Anda. Hal ini biasanya disebabkan oleh jamur dan pertumbuhan bakteri di dalam AC.
 
Namun, ternyata ada penyebab lain AC di rumah bisa berbau. Berikut ini penyebabnya.

1. Debu menumpuk

Debu yang menempel pada filler AC bisa jadi penyebab AC di rumah Anda berbau. Terkadang debu tersebut menempel pada filler AC unit indoor dan evaporator AC. 

2. Berjamur

Jangan lupa untuk membersihkan AC setiap hari agar tak ada bakteri dan jamur yang menempel. Jamur yang menempel tak hanya membuat AC berbau tetapi juga bisa membahayakan kesehatan.

3. Ruangan AC digunakan merokok

Ketika seseorang merokok di dalam rumah Anda, AC Anda dapat menyerap asapnya. Jika menumpuk, Anda mungkin mencium bau rokok ketika menyalakan AC. 
 
Oleh karena itu, jika AC Anda mulai mengeluarkan bau yang sama dengan asapnya, Anda harus menyingkirkan sisa-sisa rokok pada filternya.

4. Kompresor bermasalah

Ketika Anda mencium bau seperti ada yang terbakar setelah Anda menyalakan AC, mungkin ada masalah dengan kompresor Anda. Segera hubungi teknisi untuk memperbaiki AC Anda.

5. Ada hewan mati

Bau AC juga bisa disebabkan oleh hewan mati yang terjebak di dalam AC dan mulai membusuk. Mungkin tidak berbahaya, tetapi baunya bisa mengganggu. 

6. Lembab

Selain cek kondisi AC, Anda juga harus mengetahui kondisi ruangan di rumah. Jika ruangan terlalu lembab, maka tak heran jika AC di rumah berbau.

7. Freon bocor

Penyebab lainnya yakni freon AC yang bocor. Hal ini yang paling sering terjadi pada pemilik AC. Freon bocor mengeluarkan bau yang tidak sedap.

8. Bau dari luar

AC bau juga bisa disebabkan dari luar ruangan. Biasanya blower outdoor AC di luar letaknya dekat sampah atau bau lainnya sehingga terhisap masuk ke dalam ruangan.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif