Area paling kotor di rumah yang perlu dibersihkan secara teratur. Foto: Shutterstock
Area paling kotor di rumah yang perlu dibersihkan secara teratur. Foto: Shutterstock

5 Tempat Paling Kotor di rumah

Rizkie Fauzian • 20 Maret 2022 10:14
Jakarta: Kuman dan bakteri menjadi ancaman di setiap rumah. Padahal, Anda telah membersihkan rumah secara rutin selama pandemi.
 
Namun, meski dibersihkan secara teratur tak menjamin rumah terbebas dari kuman dan bakteri. Ada beberapa tempat di rumah yang kotor meski Anda bersihkan setiap hari.
 
Berikut ini, area paling kotor di rumah yang menjadi sarang kuman meski dibersihkan setiap hari, dikutip dari The Spruce.

1. Dapur

Dapur salah satu ruangan tersibuk di rumah yang selalu kotor meski sudah dibersihkan. Dapur menjadi tempat bertemunya berbagai macam bakteri yang berasal dari bahan makanan.
 
Dapur juga menjadi tempat untuk menyiapkan makanan, yang mungkin bisa terkena penyebaran bakteri Salmonella dan E-colli.
 
Dapur merupakan tempat paling kotor di rumah meski Anda rajin membersihkannya. Jadi lebih perhatikan lagi kondisi dapur ya.

2. Kamar mandi

Hal sama juga berlaku di kamar mandi, meski setiap hari dibersihkan, kuman dan bakteri tetap menempel. Untuk memastikan bakteri tak menyebar, ada beberapa benda yang perlu diberikan perhatian khusus.
 
Sakelar lampu, kenop pintu, dan gagang keran adalah benda-benda yang menjadi tempat bakteri. Siapkan tisu desinfektan sekali pakai agar mudah dibersihkan setiap hari.
 
Handuk dan keset kamar mandi juga harus dicuci dengan air panas setidaknya seminggu sekali dan dibiarkan benar-benar kering. Ganti handuk tangan beberapa kali seminggu.
 
Wastafel kamar mandi harus dibersihkan setiap hari dengan tisu desinfektan, begitu juga dengan tempat sikat gigi. 

3. Ruang tamu dan keluarga

Entah itu ruang tamu atau keluarga, saat berkumpul bakteri dan kuman juga ikut menyebar melalui benda-benda di sektar seperti remot TV, remot AC, handphone, dan lainnya.
 
Oleh karena itu, ruang tamu dan keluarga merupakan tempat paling kotor di rumah.  Bersihkan benda-benda tersebut setiap hari dengan tisu desinfektan yang aman untuk digunakan pada elektronik. Jangan lupa sakelar lampu, dan kenop pintu.
 
Setidaknya setiap minggu, bersihkan area sofa dengan penyedot debu. Pastikan untuk membersihkan bagian bawah dan sela bantal.

4. Kamar tidur

Kamar tidur yang Anda pikir bersih juga belum tentu bebas kuman. Bakteri, jamur, tungau mungkin menjadi penghuni kamar Anda.
 
Tempat tidur saat ini tak hanya digunakan untuk tidur, terkadang makan, bekerja, dan lainnya. Untuk itu, penting untuk mengganti seprai, selimut secara berkala.
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah satu minggu, seprai memiliki lebih banyak bakteri daripada kenop pintu kamar mandi. 

5. Tempat tak terlihat

Meski sudah membersihkan rumah secara menyeluruh, tetapi ada beberapa area yang sering terlewatkan dan berpeluang menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya jika Anda memiliki hewan peliharaan. Mainan dan mangkuk makan hewan peliharaan perlu dibersihkan karena bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.
 
Kuncimadalah barang yang tidak Anda sadari menjadi sarang berkumpulnya bakteri dan kuman.
Oleh sebab itu, Anda harus meluangkan waktu untuk membersihkannya.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif