Tips membeli furnitur secara online. Foto: Shutterstock
Tips membeli furnitur secara online. Foto: Shutterstock

Beli Furnitur Secara Online, Simak 5 Tips Berikut Ini

Rizkie Fauzian • 05 Juli 2022 19:11
Jakarta: Membeli furnitur secara online telah lama dilakukan, bahkan sebelum adanya pandemi covid-19. Selain lebih praktis, membeli furnitur secara online juga tidak memakan waktu.
 
Selain itu, banyak toko furnitur yang juga membuka pembelian secara online sehingga harga yang ditawarkan tentu akan bersaing. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan diskon yang lebih besar.
 
Baca juga: Punya Rumah Minimalis, Ini Tips Memilih Furnitur yang Tepat

Namun, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum melakukan transaksi agar tidak kecewa dengan kondisi barang dan menghindari menjadi korban penipuan.

Berikut ini, tips membeli furnitur secara online yang aman.

1. Beli dari toko yang sudah terpercaya

Beli Furnitur Secara <i>Online</i>, Simak 5 Tips Berikut Ini
Tips membeli furnitur secara online. Foto: Shutterstock

Membeli furnitur secara online bisa sangat praktis. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke toko untuk membeli furnitur yang diinginkan. Namun, sebelum membeli pastikan toko online tersebut terpercaya.

Setelahnya, pastikan bahwa toko-toko tersebut memang memiliki kualitas yang baik. Biasanya kualitas barang baik diikuti dengan harga yang lebih tinggi.
 

Baca juga: Jangan Salah! Begini Trik Menata Furnitur yang Tepat
 
Jika Anda tertarik membeli barang-barang bekas vintage, Anda juga tetap harus memastikan bahwa toko online tersebut memang terpercaya.
 
Saat ini banyak toko-toko online atau penjual online di media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga lelang furnitur di WhatsApp. Jika Anda pemula, sebaiknya belilah furnitur online kepada seseorang yang telah Anda kenal sebelumnya untuk mencegah terjadinya penipuan.

2. Jangan lupa untuk mempertimbangkan lokasi

Dalam bertransaksi secara online, lokasi adalah hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Alasannya tentu saja berhubungan dengan ongkos kirim yang akan dikenakan kepada Anda, jangan sampai ongkos kirim dan furnitur yang Anda beli nilainya hampir sama.
 
Jika harga yang harus Anda keluarkan untuk ongkos kirim lebih mahal, pertimbangkan membeli furnitur di kota yang sama untuk menghemat biaya ongkos kirim. Anda juga bisa membeli furnitur secara langsung dengan mendatangi toko. Dengan barang yang sama, Anda bisa lebih hemat untuk ongkos kirim.

3. Pertimbangkan juga merek

Jika Anda sangat peduli dengan merek, Anda bisa masukkan daftarnya sebelum membeli secara online. Saat ini banyak merek-merek terkenal dalam negeri hingga luar yang sudah bisa dibeli dengan cara online.

4. Penjelasan yang deskriptif

Beli Furnitur Secara <i>Online</i>, Simak 5 Tips Berikut Ini
Tips membeli furnitur secara online. Foto: Shutterstock
 
Mencari jenis furnitur yang Anda inginkan mungkin susah-susah gampang. Pastikan Anda menulis deskripsi barang sesuai dengan keinginan Anda, misalnya furnitur vintage, furnitur bergaya art deco hingga skandinavian.
 
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan atau material furnitur yang diinginkan, misalnya berbahan kayu, kulit, kuningan, dan lain sebagainya.

5. Periksa kerusakan

Jika Anda membeli barang vintage kemudian menemukan sedikit goresan, jangan dulu berkecil hati. Tanyakan pada penjual apakah kerusakan tersebut bisa diperbaiki.
 
Berbeda jika Anda membeli barang baru, jika ada kerusakan segera hubungi penjual. Hal tersebut biasanya sering terjadi terutama jika Anda membeli barang yang jaraknya harus ditempuh seharian dengan kendaraan.
 
Penjual biasanya menyediakan garansi jika terjadi kerusakan selama dalam perjalanan. Beberapa penjual biasanya langsung menanyakan kepada pembeli kerusakannya seperti apa, atau meminta pembeli memfoto kerusakan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif