Bersihkan ini sebelum berangkat mudik
Kolong ranjang dan bagian di bawah kasur sering menjadi sarang debu. ilustrasi/Antara Foto/Didik Suhartono
Jakarta: Siap berangkat mudik lebaran? Sebelum berangkat sebaiknya rumah dibersihkan terlebih dahulu. Agar setiba kembali nanti, debu-debu di rumah rumah tidak terlalu tebal.

Membersihkan rumah jangan hanya menyapu dan mengepel lantai. Ada beberapa detail bagian perkakas rumah yang juga perlu diperhatikan kebersihannya agar berfungsi maksimal.


Handle dan piring microwave

Bagian ini paling terkontaminasi kuman saat kita memanaskan makanan. Bersihkan mulai dari bagian dalam dengan lap basah, jangan lupakan sisi dalam pintunya. Lap kembali dengan lap kering.
 
Sink hole

Setelah mencuci piring, sisa makanan tertahan di saringan yang berada di dalam lubang pembuangan. Setelah endapannya dibuang, sikat saringan dengan bubuk pembersih. Pakai sikat gigi bekas agar bisa menjangkau sudut dasar dan mulut saringan.

Gagang pintu

Sebarapa sering kita membuka dan menutup pintu? Jangan heran bila gagang pintu adalah salah satu bagian yang paling rawan kuman. Sikat dengan sabun colek lalu keringkan dengan lap bersih.

Lemari es

Lemari es adalah tempat penyimpanan makanan keluarga yang paling aman. Namun bila lalai membersihkannya, bisa menjadi sarang kuman. Perhatian karet-karet pintunya, bagian ini terpapar debu dari luar dan uap dingin dari dalam. Pastikan air lelehan es yang ada di bagian bawah sudah dibuang.

Vacum cleaner

Sapu, kain pel, alas kaki dan vacum cleaner adalah alat penting untuk memberisihkan rumah. Tapi pada saat bersamaan, paling rentan menjadi sarang kuman akibat endapan kotoran yang lama menempel.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id