Hal yang dilarang di dapur menurut feng shui. Foto: Shutterstock
Hal yang dilarang di dapur menurut feng shui. Foto: Shutterstock

6 Aturan Feng Shui di Dapur, Letak Pintu hingga Kompor

Rizkie Fauzian • 25 November 2022 16:32
Jakarta: Feng shui berasal dari Tiongkok kuno yang mempelajari tentang tata letak sebuah bangunan termasuk rumah. Ilmu tersebut digunakan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan dengan cara yang akan membawa kedamaian dan kemakmuran.
 
Saat menata bangunan, orang Tionghoa biasanya menggunakan ilmu feng shui untuk mendatangkan energi positif dan menjauhkan yang negatif. Salah satu ruangan yang kerap diperthitungkan tata letaknya menggunakan feng shui adalah dapur.
 
Jika Anda berniat untuk menata dapur, berikut ini beberapa hal yang dilarang karena dianggap akan mendatangkan energi negatif. Dilansir dari Feng Shui Beginner, inilah larangan di dapur menurut feng shui.

1. Pintu dapur tidak boleh menghadap langsung ke pintu utama rumah

Jika memiliki konfigurasi seperti ini, akan berpengaruh pada kesehatan tuan rumah dan juga menyebabkan kerugian moneter. Jika Anda menemui pola ini, satu-satunya cara adalah mengubah posisi bukaan pintu.

2. Pintu dapur juga tidak boleh menghadap pintu kamar

Asapnya akan membuat orang yang berada di dalam ruangan pusing dan mudah gelisah serta rewel.

3. Pintu dapur tidak boleh berhadapan dengan pintu toilet

Dapur adalah sumber makanan keluarga, jadi Anda harus menghindari toilet yang menjadi tempat kotoran.
 
Baca juga: Prinsip Feng Shui di Dapur, Jauhkan Kompor dan Wastafel

Selain itu, dapur merupakan unsur api sedangkan toilet merupakan unsur air, sehingga bentrok dan menimbulkan ketidakharmonisan dalam keluarga.

4. Kompor di dapur tidak boleh berhadapan langsung dengan kulkas

Kulkas mewakili sektor kekayaan Anda dan sebaiknya hindari menggunakan api untuk menyerangnya. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada anggota keluarga.

5. Tidak memiliki dua kompor di dapur

Dapur atau kompor di rumah melambangkan istri. Selain menjaganya tetap bersih dan tidak berantakan, Anda juga harus berhati-hati untuk tidak memiliki kompor lebih dari satu karena itu menyiratkan bahwa suami memiliki lebih dari satu istri atau berselingkuh!

6. Jangan biarkan dapur kotor

Pastikan tidak ada sampah yang berserakan dan peralatan seperti panci, mangkok, piring dan lain-lain harus dirapikan dan disimpan di dalam lemari. Ini logis karena jika Anda cenderung pusing jika melihat dapur berantakan dan jika Anda tidak membersihkan dapur, itu akan menarik serangga yang dapat menyebabkan masalah kesehatan atau kebersihan.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif