Benda yang jarang dibersihkan. Foto: Shutterstock
Benda yang jarang dibersihkan. Foto: Shutterstock

5 Barang di Rumah yang Lupa Dibersihkan, Apa Saja?

Medcom • 08 November 2022 17:29
Jakarta: Ketika membersihkan rumah, ada beberapa area atau barang-barang kecil yang mungkin dilupakan. Meski kecil, tapi barang-barang ini berpotensi menyimpan kuman yang membahayakan penghuni rumah.
 
Padahal, barang-barang ini sangat mudah untuk dibersihkan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut adalah lima barang rumah tangga yang mungkin lupa untuk dibersihkan, tetapi hanya perlu beberapa menit untuk dilakukan. 

1. Pembuka kaleng 

Pertama pembuka kaleng yang ada di laci dapur Anda. Menurut penelitian, sebagian besar pembuka kaleng mengandung bakteri salmonella dan e.Coli. Berikut adalah cara mebersihkan pembuka kaleng yang benar.
 
Setelah digunakan, cuci pembuka kaleng dengan air panas dan sabun cuci, pastikan untuk membersihkan roda gigi dan roda pemotongnya. Setelah itu (ini adalah part terpenting) keringkan dengan serbet, dan biarkan mengering dengan gagang terbuka agar udara bersikulasi dan mencegah karat.
    Baca juga: 9 Benda Ini Menyimpan Debu Paling Banyak di Ruang Tamu   

Jika Anda tidak membersihkan pembuka kaleng secara teratur dan kotoran menumpuk di atasnya, jepit roda ke selembar tisu berlapis dan putar pegangan untuk membantu menghilangkan residu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mendisinfektan, campurkan 1 sendok teh pemutih dengan 1 galon air panas. Semprotkan campuran ini ke pembuka kaleng, termasuk roda gigi, dan diamkan selama beberapa menit sebelum menyekanya dengan kain. Bilas dan keringkan pembuka kaleng.
 
Setelah pembuka kaleng benar-benar kering, cegah karat dengan mengoleskan sedikit minyak food grade ke roda gigi menggunakan kain bersih. 

2. Panggangan roti

Selanjutnya, ini adalah waktunya untuk pemanggang roti Anda! Beberapa pemanggang roti memiliki baki remah yang dapat dilepas. Bersihkan area tersebut.
 
Jika pemanggang roti Anda tak memiliki baki tersendiri, maka cara paling mudah adalah dengan membalikkannya untuk menghilangkan remahan atau sisa-sisa roti.
 
Lihatlah bagian bawah pemanggang roti Anda untuk mencari pegangan yang dapat ditarik keluar. Keluarkan baki dengan hati-hati dan buang remah-remah ke tempat sampah. 
 
Jika perlu, Anda dapat mencuci baki dengan air hangat dan sabun cuci piring sebelum benar-benar kering dan mengganti bakinya. 

3. Tanaman 

Menyiram dan memastikan tanaman mendapat sinar matahari sering dilakukan, tapi apakah Anda membersihkan daunnya? Debu di daun membuat tanaman tampak kusam dan tidak terawat.
 
Bersihkan daun setiap hari agar tanaman Anda bersih dan berkilau. Tak hanya itu, membersihkan daunnya juga membantu untuk mendapat sinar matahari yang membantu berfotosintesis.
 
Cara termudah untuk membersihkan daun tanaman adalah dengan menyeka daun dengan lembut menggunakan kain lembab sambil memegang bagian bawah daun untuk menopangnya.
 
Untuk tanaman yang tidak memiliki daun besar, seperti sukulen, Anda bisa menyiramnya dengan air menggunakan botol semprot. 

4. Bohlam lampu 

Beberapa bohlam lampu sulit terjangkau sehingga jarang dibersihkan. Debu yang menumpuk pada bohlam dapat meredupkan cahayanya dari waktu ke waktu.
 
Terutama jika bohlam di rumah Anda tahan lama yang mungkin tidak Anda ganti selama betahun-tahun. Untuk membersihkannya, Anda bisa melakukan ini.
 
Ketika lampu dimatikan, bersihkan debu menggunakan kain kering.  Jika ada noda yang sulit dibersihkan, lepaskan bohlam dan usap dengan kain lembab.
 
Hati-hati dengan air jangan sampai merusak elektris bohlam. Keringkan bohlam lampu seluruhnya sebelum memasangnya kembali. 

5. Ventilasi udara 

Hal terakhir yang banyak diabaikan orang adalah ventilasi di rumah mereka. Berikut cara membersihkan ventilasi udara dengan benar agar tidak mengotori di sekitar ruangan.
 
Gunakan adaptor nozzle atau sikat pada penyedot debu Anda untuk menghilangkan debu dari luar pada ventilasi udara.
 
Untuk pembersihan secara menyeluruh, matikan pemanas atau AC sebelum melepas penutup saluran udara. Bersihkan kedua sisi dengan kain mikrofiber atau sikat lembut.
 
Bilas dan keringkan setiap penutup ventilasi dengan hati-hati sebelum menggantinya, agar debu tidak menempel. (Tamara Pramesti Adha Cahyani)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id


 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif