Tips membersihkan furnitur rotan. Foto: Shutterstock
Tips membersihkan furnitur rotan. Foto: Shutterstock

5 Cara Membersihkan Furnitur Rotan yang Aman

Properti furnitur Dekorasi Rumah Tips Properti tips rumah tips membersihkan rumah Tips membersihkan furnitur rotan
Rizkie Fauzian • 31 Desember 2021 13:58
Jakarta: Menggunakan furnitur berbahan rotan memberikan kesan alami pada dekorasi rumah. Rotan memberikan tampilan yang nyaman namun tetap estetika.
 
Sayangnya, rotan mudah rapuh dan rusak jika tidak dibersihkan dengan benar. Penggunaan bahan yang salah bisa merusak material alam ini.
 
Sebelum membersihkannya, pastikan bahan rotan yang Anda miliki asli atau sintetis. Hal tersebut akan mempengaruhi cara membersihkannya.
 
Berikut ini cara membersihkan rotan asli yang tepat.

1. Gunakan sikat lembut

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel di celah-celah gunakan sikat. Pastikan sikat yang dipakai lembut agar tidak merusak rotan. Bisa sikat gigi bekas atau kuas cat ukuran kecil.

2. Pakai penghisap debu

Untuk membersihkan debu yang menempel pada furnitur rotan, cukup gunakan vacuum cleaner.

3. Larutan pembersih

Menghilangkan kotoran yang menempel juga bisa menggunakan larutan deterjen pencuci piring. Jangan dioles tapi semprotkan cairan deterjen yang telah dicampur air lalu sikat dengan lembut. Langkah ini berlaku bagi rotan sintetis.

4. Spons atau kain

Jika rotan yang digunakan adalah asli, maka setelah disemprot air sabun dan disikat, segera bilas dan keringkan. Membilasnya dengan lap basah lalu ulangi dengan lap kain kering untuk menghisap sisa air kemudian diangin-anginkan.  
 
Sebaiknya bersihkan furnitur berbahan rotan minimal sebulan sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk. Jika furnitur rotan diletakkan di luar ruangan sebaiknya bersihkan dua minggu sekali demi menjaga kualitas dan keindahannya.

5. Bersihkan dengan teratur

Setidaknya bersihkan furnitur rotan minimal sebulan sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk. Namun, jika furnitur rotan diletakkan di luar ruangan sebaiknya bersihkan dua minggu sekali.
 
Periksa setiap sudut furnitur, jangan sampai ada jamur yang menyebabkan rotan mudah lapuk. Bersihkan jamur dengan sabun pencuci piring yang dilarutkan dengan air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lap bagian yang terkena jamur, setelah itu keringkan kembali menggunakan lap. Setelah kering jemur furnitur tersebut. Setelah itu jangan lupa untuk mengoleskan minyak rami pada furnitur.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif