Cara menghitung kebutuhan keramik di rumah. Foto: Shutterstock
Cara menghitung kebutuhan keramik di rumah. Foto: Shutterstock

Cara Mudah Hitung Kebutuhan Keramik saat Bangun Rumah

Media Indonesia • 19 September 2023 14:04
Jakarta: Lantai berbahan keramik banyak dipilih pada rumah karena memiliki berbagai keunggulan. Keramik sangat populer karena memiliki daya tahan yang kuat dibandingkan bahan lainnya, dan estetika yang menarik.
 
Jika Anda berniat menggunakan keramik di lantai rumah, Anda harus menghitung kebutuhannya terlebih dahulu. Menghitung kebutuhan keramik lantai bisa menjadi konsep yang membingungkan bagi orang yang tidak berpengalaman.
 
Kesalahan dalam perhitungan dapat mengakibatkan situasi yang tidak diinginkan, seperti harus membeli tambahan keramik karena kekurangan atau mengalami kerugian karena pembelian berlebihan.
Metode perhitungan kebutuhan keramik berbeda-beda tergantung pada ukuran dan satuan kemasan keramik. Di bawah ini ada cara menghitung kebutuhan keramik yang bisa menjadi referensi bagi Anda

Cara menghitung kebutuhan keramik

1. Menghitung ukuran keramik dalam satu dus

Untuk memulai perhitungan kebutuhan keramik, langkah pertama adalah mengetahui luas lantai yang akan ditutupi. Selanjutnya, Anda perlu menghitung luas total keramik dalam satu dus. Ini melibatkan pertimbangan terkait ukuran keramik yang bisa beragam, seperti 20x20, 30x30, dan lain sebagainya.
 
Baca juga: 6 Tips Memilih Keramik Dinidng Dapur yang Tepat

Satuan isi dalam satu dus juga berbeda-beda, seperti 11 keping, 25 keping, atau 35 keping. Perhitungan yang benar adalah dengan mengonversi satuan ukuran keramik dari sentimeter menjadi meter, kemudian hasilnya dibagi 100.
 
Setelah itu, hasil tersebut dikalikan dengan jumlah keping keramik dalam satu dus.

2. Menghitung kebutuhan dalam ruangan

Langkah terakhir adalah menggabungkan dua hasil perhitungan sebelumnya untuk mendapatkan kebutuhan keramik dalam satu dus.
 
Sebagai contoh, jika luas lantai diketahui sebagai 4m x 4m dan ukuran keramik yang digunakan adalah 35cm x 35cm dengan isi 20 keping per dus, maka perhitungannya akan sebagai berikut: -
 
Luas lantai: 4m x 4m = 16 sangat populer digunakan dalam konstruksi dan desain interior karena memiliki berbagai keunggulan, termasuk ketahanan, daya tahan, dan estetika yang menarik. K
Konversi ukuran: 0,35m x 0,35 meter = 0,1225 meter persegi
Hasil akhir: 0,1225m2 x 20 keping = 2,45m2 per dus
 
Dengan demikian, kebutuhan keramik akan menjadi 16m2 (luas lantai) x 2,45m2 (kebutuhan per dus) = 40 dus keramik.
 
Dengan melakukan perhitungan ini dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa Anda membeli jumlah keramik yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa pemborosan atau kekurangan. (Joan Imanuella Hanna Pangemanan)

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif