Proyek Rumah Murah ASN/TNI/Polri ada di Yogyakarta
Poster penjualan rumah murah dengan skema pembiayaan bersubsidi FLPP dalam sebuah pameran di Semarang.. Antara Foto/Rekotomo
Jakarta:Pemerintah sedang mematangkan program pengadaan rumah murah bagi ratusan ribu Aparatur Sipil Negara (ASN), PNS serta prajurit TNI/Polri. Bersamaan dengan penyusunan skema pembiayaan khususnya, sedang disiapkan lahan untuk pembangunan proyek percontohan pertamanya.

"Tahun depan di Yogyakarta di atas lahan seluas 50 hektare melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)," ungkap  kata Ketum REI Soelaeman Soemawinata.


Pak Eman -nama panggilan Soelaeman Soemawinata- sepakat bahwa perlu ada skema pembiayaan selain FLPP untuk memudahkan akses bagi ASN, PNS dan prajurit TNI/Polri. "Anggota ASN terutama TNI-Polri bekerja berpindah-pindah hingga pelosok, sedangkan skema FLPP menyebutkan rumah harus ditempati. Nah ini butuh kombinasi kebijakan untuk memfasilitasi kepemilikan rumah," ujarnya.

Kebijakan BI Checking perlu diselaraskan karena masih banyak ASN dan TNI-Polri menggadaikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai jaminan mendapatkan kredit. Hal itu menyulitkan mereka mendapatkan kredit perumahan, meski kemampuan mencicil masih ada.

"Harga juga yang flesibel agar ASN dan TNI-Polri bisa mendapatkan rumah di lokasi strategis dekat dengan tempat bekerjanya," sambung Eman.

Peluang Bisnis

Kalangan perbankan pun ikut bersiap membantu pemerintah dalam mewujudkan rumah bagi pengabdi negara tersebut. Penyediaan rumah tersebut menjadi salah satu peluang bisnis menarik.

"Kami siap menjadi mitra pengembang. Ini peluang bisnis yang menarik," kata Direktur Retail PT. Bank Mandiri Donsuwon Simatupang.

Secara keseluruhan, sampai akhir 2018, Bank Mandiri menargetkan penyaluran kredit di sektor properti dengan pertumbuhan dua digit dibandingkan tahun sebelumnya. Sampai Oktober 2018, kredit yang disalurkan ke sektor properti mencapai Rp 42 triliun, naik 7,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id