Kementerian bedah rumah hunian tak layak huni. Dok. Kementerian PUPR
Kementerian bedah rumah hunian tak layak huni. Dok. Kementerian PUPR

289 Rumah Tak Layak Huni Diperbaiki

Properti sejuta rumah bedah rumah Penyediaan Rumah Berita Kementerian PUPR
Antara • 10 Februari 2020 14:29
Mukomuko: Sebanyak 289 rumah tidak layak huni di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendapatkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Rakyat (BSPS) atau bedah rumah dari pemerintah pusat dan pemerintah setempat.
 
"Masyarakat ini mendapatkan program BSPS untuk rehabilitasi rumahnya yang tidak layak huni," kata Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mukomuko, Bambang Budi Antoni dalam keterangannya di Mukomuko, Senin, 10 Februari 2020.
 
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman setempat tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp2 miliar untuk sektor perumahan. Dana tersebut untuk merehab sebanyak 109 rumah tidak layak huni di daerah ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian sebanyak 180 rumah tidak layak huni mendapatkan program BSPS berupa kegiatan rehabilitasi rumah tidak layak huni yang bersumber dari APBN.
 
Dia menyebutkan, sebanyak 109 rumah tidak layak huni yang menerima program BSPS ini tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Teramang Jaya dan Kecamatan V Koto.
 
Kemudian sebanyak 180 rumah tidak layak huni milik keluarga masyarakat yang tergolong ekonomi tidak mampu tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Air Dikit.
 
Sedangkan dana untuk melakukan rehabilitasi setiap rumah tidak layak huni di daerah ini pada 2020 sama dengan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp17,5 juta dengan rincian sebesar Rp15 juta untuk membeli material bangunan dan sebesar Rp2,5 juta untuk upah para pekerja bangunan rumah.
 
Ia memastikan, sebanyak 289 keluarga masyarakat di daerah ini sebagai calon penerima program BSPS Tahun 2020 semuanya bersedia melaksanakan program ini secara swadaya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif