Akhirnya, Target Program Sejuta Rumah Tercapai
Spanduk pemasaran rumah murah bersubsidi di Sigi, Sulawesi Tengah. Antara Foto/M Hamzah
Jakarta: Data terbaru Program Sejuta Rumah membuat Menteri PUPR Basuki Hadimulyono lega. Per November 2018, jumlah hunian murah layak huni yang berhasil dibangun di seluruh Indonesia tercatat 1.041.323 unit.
 
"Akhirnya berhasil dicapai target program tersebut," ujar Menteri Basuki dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Program Sejuta Rumah yang misi utamanya adalah menyediakan hunian layak huni dengan terjangkau bagi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk nelayan dan pekerja sektor informal. Ada juga rusunawa untuk para santri, mahasiswa dan aparat pemerintah.


Sejak diluncurkan pada 29 April 2015, target pengadaan 1 juta unit rusunawa/rumah tapak per tahun belum pernah terpenuhi. Tapi selalu naik dari waktu ke waktu, 698 ribu (2015), 805 ribu (2016) dan 995 ribu (2017).



Tercapai target sebelum berakhirnya 2018 tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah daerah selaku penyedia lahan, perbankan yang menyalurkan KPR bersubsidi dan pengembang. Cakupan program ini untuk 2019 ditambah dengan pengadaan rumah bagi prajurit TNI/Polri dan ASN yang tantangannya berbeda dibanding proyek sebelumnya.

"Kita perlu terus berinovasi dan terobosan. Membentuk Land Banking System, mendorong inisiatif pembiayaan kreatif seperti kredit mikro, Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), kemitraan badan usaha dan partisipasi masyarakat serta mendorong pengembangan perumahan skala besar," papar Menteri Basuki.



 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id