Bedah rumah yang dilakukan Kementerian PUPR. Foto: dok. Kementerian PUPR
Bedah rumah yang dilakukan Kementerian PUPR. Foto: dok. Kementerian PUPR

Pemerintah Perbaiki 355 Rumah Tak Layak Huni di Batam

Properti sejuta rumah bedah rumah Berita Kementerian PUPR
Antara • 30 Oktober 2019 19:27
Batam: Pemerintah berencana memperbaiki 355 rumah warga kota Batam, Kepulauan Riau tahun depan. Perbaikan dilakukan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.
 
"Setiap rumah mendapatkan bantuan Rp17,5 juta. Tahun depan, nilainya masih sama untuk masing-masing penerima bantuan," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Kota Batam Eryudhi Apriadi di Batam.
 
Program yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut diharapkan dapat membantu warga memiliki hunian yang layak. Dia mengemukakan perbaikan yang dilakukan di antaranya untuk bagian atap, lantai, dan rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program ini berupa stimulan. Pemerintah membantu mereka yang kekurangan biaya untuk memperbaiki rumahnya," sebut dia.
 
Pemerintah akan menentukan penerima bantuan dari data yang dimiliki Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Pemukiman yang ditingkatkan kualitasnya, harus berstatus tidak layak huni.
 
Sementara itu, dengan adanya program itu, maka Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat tidak lagi menganggarkan program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada 2020.
 
"Program perbaikan rumah tetap ada, tapi dikerjakan Disperkimtan," kata Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam Hasyimah.
 
Hasyimah menyatakan pihaknya yang akan menyerahkan data rumah warga yang perlu diperbaiki. Data itu akan diverifikasi oleh Disperkimtan dengan mengecek langsung kondisi hunian warga.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif