Penyebab ID Pelanggan PDAM Tidak Ditemukan. Foto: Shutterstock
Penyebab ID Pelanggan PDAM Tidak Ditemukan. Foto: Shutterstock

Penyebab ID Pelanggan PDAM Tidak Ditemukan

Medcom • 25 September 2024 18:25
Jakarta: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyediakan layanan air bersih kepada masyarakat. Layanan air tersebut bisa diperoleh masyarakat dengan sistem berlangganan yang harus dibayarkan setiap bulannya.
 
Setiap masyarakat yang berlangganan di PDAM akan menerima ID atau nomor pelanggan yang nantinya digunakan untuk membayar tagihan. Setiap pelanggan memiliki ID yang berbeda-beda.
 
Namun, ID atau nomor pelanggan PDAM tersebut bisa saja tidak terdeteksi. Lantas, apa penyebab ID pelanggan PDAM tidak ditemukan? Berikut penjelasannya dilansir dari beberapa sumber yang telah dirangkum Medcom.

Penyebab ID pelanggan PDAM tidak ditemukan

Dikutip dari Brighton, salah satu faktor ID pelanggan tidak dapat ditemukan karena nomor yang dimasukkan tidak sesuai. Kamu perlu memperhatikan lebih detail saat memasukkan ID pelanggan.

Selain itu, penyebabnya adalah adanya lebih dari dua bulan pembayaran faktur dan jangan memasukkan kode area di ID pelanggan.
 
Baca juga: Cara Cek ID Pelanggan PDAM dengan Alamat

Di mana nomor pelanggan PDAM di struk?

Setiap bulannya, kamu pasti menerima surat tagihan atau struk. Jadi, pastikan kamu bisa memeriksa surat tagihan bulan lalu.
 
Surat tagihan sudah tertera nama pelanggan, alamat, dan nomor pelanggan atau ID pelanggan PDAM. Biasanya, letak ID pelanggan di bagian atas surat tagihan.
 
Jika lupa menaruh surat tagihan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan PDAM:

1. Melalui meteran air

ID pelanggan dapat ditemukan dalam meteran air lho! Biasanya, petugas PDAM menempelkan stiker nomor pelanggan pada kaca meteran.
 
Kita perlu membuka tutup meteran untuk melihatnya. Jika tulisan stiker memudar, kamu bisa meminta petugas menempelkan stiker baru.

2. Kunjungi kantor PDAM setempat

Jika lokasi kantor PDAM dekat tempat tinggal, kamu bisa mengunjunginya untuk meminta informasi mengenai nomor pelanggan. Pastikan kamu mencatat nomor tersebut dan menyimpannya dengan baik.

3. Melalui situs resmi PDAM

Kamu cukup memasukkan nama dan alamat rumah lengkap pada situs resmi PDAM. Setelah itu, informasi lengkap berisi data pelanggan dan nomor pelanggan dapat kamu akses.

4. Telepon Call Center PDAM

Kamu juga dapat meminta bantuan dari staf call center untuk mendapatkan nomor pelanggan PDAM.
Baca juga: Begini Cara Cek Nomor Pelanggan PDAM

Berapa digit nomor pelanggan PDAM?

ID pelanggan PDAM terdiri dari nama, alamat, sekaligus kelas pelanggan. Tak heran, kebanyakan orang sering melupakan 6 hingga 11 digit nomor ID pelanggan PDAM.
 
Pastikan ID pelanggan kamu tersimpan dengan baik ya. Supaya saat membayar tagihan, kamu sudah mempersiapkannya. (Theresia Vania Somawidjaja)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(KIE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan