NEWSTICKER
Barack Obama. Foto: AFP.
Barack Obama. Foto: AFP.

Rumah Masa Kecil Obama Dijual Rp30 Miliar

Properti investasi properti barack obama
Ade Hapsari Lestarini • 19 Februari 2020 14:27
Washington: Sebuah rumah bergaya craftsman yang terletak di Manoa, Honolulu dijual sebesar USD2,2 juta atau setara Rp30 miliar (kurs Rp13.715 per USD).
 
Bertipe Craftsman home, ini merupakan sebuah rumah buatan tangan yang umumnya berasal dari kayu. Bagi penggemar sejarah, rumah itu bisa dibilang tak ternilai harganya. Apa pasal?
 
Ya, karena salah satu dari penghuni sebelumnya yang tinggal di rumah seluas 1.976 kaki persegi atau setara 183,5 meter persegi ini tidak lain adalah Barack Obama. Dia tinggal di rumah tersebut pada 1964 hingga 1967, antara usia tiga hingga enam tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir Architectural Digest, Rabu, 19 Februari 2020, saat itu ibu Obama pernah kuliah di Universitas Hawaii dekat Manoa (mantan presiden sebagian dibesarkan oleh kakek nenek dari pihak ibu).
 
Meskipun rumah tersebut tidak didandani, namun fondasinya masih sangat solid. Dibangun pada 1947, rumah tiga kamar tidur, dua kamar mandi ini memiliki lanai atau teras tertutup seluas 31 meter persegi.
 
Selain itu, rumah ini juga memiliki pondok terpisah seluas 27,1 meter persegi, yang dapat dengan mudah diubah menjadi losmen atau disewakan untuk liburan karena memiliki pintu masuk tersendiri.
 
Di bagian dalam, rumah itu manis dan sederhana, dengan lantai kayu keras dan pintu serta jendela Prancis di ruang tamu menambah kesan mewah kediaman itu. Built-in di kamar tidur juga menawarkan ruang penyimpanan yang cukup. Dinding dapur dicat warna pink lembut, dengan dekorasi meja abu-abu dan lemari putih.
 
Kemudian halaman belakang menawarkan ruang hijau yang luas untuk menanam pohon buah atau bunga, atau bisa saja keduanya. Menurut Realtor.com, pemilik rumah terakhir membelinya sebesar USD1,3 juta pada 2006.
 
Sejak tidak menjadi presiden, kehidupan Obama telah berubah secara substansial sejak itu. Akhir tahun lalu, mantan presiden dan istrinya, Michelle Obama, dilaporkan membeli rumah di Martha's Vineyard, Massachusetts, dengan harga USD11,75 juta.
 
Rumah tersebut terdiri dari tujuh kamar tidur, delapan setengah kamar mandi dengan luas mencapai 640,2 meter persegi. Properti itu mencakup garasi terpisah, gudang, dan kolam renang. Pasangan itu juga memiliki rumah dengan sembilan kamar tidur, delapan setengah kamar mandi di Washington D.C. yang mereka beli seharga USD8,1 juta pada Mei 2017.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif