Blue print Siemens untuk Dubai Expo 2020. FOTO: Medcom.id/AHL
Blue print Siemens untuk Dubai Expo 2020. FOTO: Medcom.id/AHL

'Kota Pintar' Siemens di Dubai Expo 2020

Properti smart city Dubai Expo 2020
Ade Hapsari Lestarini • 21 Oktober 2019 20:37
Abu Dhabi: Siemens membangun cetak biru (blue print) kota pintar alias smart city untuk perhelatan besar Dubai Expo 2020 yang akan digelar pada 20 Oktober 2020.
 
Nantinya, Siemens menggunakan bangunan berteknologi digital dalam mengumpulkan data dari ribuan sensor yang terhubung di seluruh area pameran.
 
Selain itu Siemens juga mendorong integrasi informasi melalui MindSphere, platform operasi terbuka berbasis cloud untuk teknologi Internet of Things (IoT).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demikian disampaikan CEO of Siemens Middle East dan CEO of Siemens LLC Uni Emirat Arab (UAE) Dietmar Siersdorfer, kepada wartawan di kantor Siemens, Abu Dhabi, Minggu, 20 Oktober 2019.
 
"Kita sudah membangun blue print untuk smart city. Tinggal setahun lagi, bagaimana teknologi dipakai di kota ini, ramah lingkungan, hydrogen economy. Kami menggunakan IoT dalam pengoperasian sistemnya," jelas dia.
 
'Kota Pintar' Siemens di Dubai Expo 2020
Visualisasi Dubai Expo 2020. Foto: dok Siemens.
 
Menurut Dietmar, penanggung jawab area dan bangunan tersebut dapat menganalisis dan memvisualisasikan data melalui aplikasi, yang sedang dirancang khusus untuk perhelatan besar ini.
 
"Ini akan memungkinkan mereka memiliki visualisasi lengkap terhadap area infrastrukturnya. Bahkan ini akan membantu mereka untuk membuat keputusan dalam mengoptimalkan pengoperasian serta mengurangi emisi dan limbah," tambahnya.
 
Siemens membantu menghadirkan Expo 2020 Dubai yang terhubung secara digital, dengan maksud bahwa teknologi tersebut dapat diterapkan ke kota-kota lain yang sedang mengembangkan infrastruktur cerdas, dan membantu menginformasikan perkembangan kota-kota pintar di masa depan.
 
"Siemens, melalui proyek pameran ini akan menunjukkan bagaimana menggunakan teknologi IoT dalam mengubah data besar menjadi data pintar sehingga membuat kota lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan. Serta menunjukkan bagaimana infrastruktur kota dapat terhubung ke IoT menggunakan MindSphere," pungkasnya.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif