Rumah tahan gempa yang dibangun di NTB. Foto: Kementerian PUPR
Rumah tahan gempa yang dibangun di NTB. Foto: Kementerian PUPR

Rumah Tahan Gempa NTB Bakal Diterapkan di Ambon

Properti gempa bumi konstruksi
Antara • 29 Oktober 2019 12:54
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta konsep dan konstruksi rumah tahan gempa yang dibangun di Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa diterapkan di Ambon. Gempa menggunjang Ambon pada September 2019 dan merusak belasan ribu rumah.
 
"Model seperti di NTB saya kira bisa kita pakai di sini," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah berdialog dengan masyarakat di Posko Pengungsian yang terletak di Desa Tulehu Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Presiden sempat berdialog dengan masyarakat yang masih mengungsi di tenda menanti rumahnya selesai dibangun karena rusak akibat gempa kedalaman 10 kilometer magnitudo 6,5 pada akhir September itu. Sebelumnya Jokowi telah melakukan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tadi malam saya sudah mendapat laporan komplit dari Gubernur, Kepala BNPB, mengenai jumlah, soal rumah, fasilitas umum yang rusak yang ada di Provinsi Maluku," katanya.
 
Presiden mendapatkan laporan setidaknya 12.300 unit rumah yang rusak dan telah diidentifikasi rusak berat, sedang, dan ringan. "Dan memang segera dikerjakan oleh masyarakat karena sistemnya nanti swakelola," tambah dia.
 
Dia secara khusus memerintahkan konsep rumah yang digunakan untuk membangun kembali rumah yang rusak adalah model rumah yang diterapkan di NTB.
 
"Iya kurang lebihnya, karena yang jelas konstruksinya akan diarahkan oleh Kementerian PUPR yang tahan gempa," jelasnya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif