Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Program Kota Tanpa Kumuh. Foto: Kementerian PUPR
Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Program Kota Tanpa Kumuh. Foto: Kementerian PUPR

Program Kota Tanpa Kumuh Mencegah Penyebaran Virus Korona

Properti pemukiman kumuh Padat Karya Berita Kementerian PUPR
Rizkie Fauzian • 21 April 2020 18:47
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Di tengah kondisi pandemi virus korona, program Kotaku dioptimalkan untuk mencegah penyebaran hingga tingkat RW dan RT.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program Kotaku merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasannya.
 
"Setiap tahapan pelaksanaan Program Padat Karya dilakukan sesuai dengan Protokol covid-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Program Kotaku tahun ini dilaksanakan tersebar di 364 kelurahan seluruh Indonesia dengan anggaran Rp382 miliar. Program Kotaku merupakan pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mendukung program 100-0-100 yaitu 100 persen akses universal air minum, nol persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.
 
Selain sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19, program Kotaku juga menjalankan program reguler seperti perbaikan saluran drainase, perbaikan jalan lingkungan, pembangunan septic tank biofil komunal, juga dilaksanakan kegiatan pembagian masker, penyediaan alat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, dan pembagian sembako.
 
Di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah telah dilaksanakan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian tempat serta alat pencuci tangan di wilayah Kelurahan Bangke yang mencakup rumah warga, kantor Kelurahan, sekolah dan tempat ibadah dan penyediaan tempat cuci tangan di 80 titik se-wilayah Kelurahan Bangkle.
 
Penyemprotan cairan disinfektan lewat program Kotaku juga dilaksanakan di wilayah Kelurahan Cepu, Kabupaten Blora yang diikuti dengan pembagian masker kepada warga di Kelurahan Tempelan, Kabupaten Blora.
 
Kegiatan serupa berupa penyerahan santunan kepada dhuafa dan pembagian masker juga dilaksanakan oleh tim Kotaku di Yogyakarta dan sekitarnya termasuk di Kabupaten Kulon Progo, Sleman, dan Bantul.
 
Penyerahan bantuan lewat program Kotaku juga telah dilakukan melalui pengadaan 100 alat cuci tangan kerja sama dengan UPK serta BKM Desa Jabaran Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur dan penyerahan bantuan alat deteksi suhu, masker, dan sarung tangan kepada Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
 
Selanjutnya di Sulawesi, kegiatan serupa juga telah dilakukan di Sulawesi Utara yakni di Kota Tomohon dan bekerja sama dengan LKM Mawar Kelurahan Taas, Kota Manado untuk melakukan pencegahan covid-19 di Kelurahan Taas.
 
Sementara di Provinsi Sulawesi Selatan dilakukan gerakan sosial pembagian sembako warga terdampak covid-19 KPP Kelurahan Katangka, Kabupaten Gowa dan di Kelurahan Gunung Sarai Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di Provinsi Sulawesi Selatan, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di sejumlah kelurahan di Kota Palu.
 
Di Provinsi Kalimantan Timur, pelaksanaan program Kotaku yang telah dilaksanakan untuk mencegah penyebaran covid-19 yakni penyemprotan disinfektan di Kota Samarinda serta penyerahan sembako sebanyak 205 paket di Kota Samarinda dan Kelurahan Muara Rapak Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif