Musik dipercaya mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Foto: Shutterstock
Musik dipercaya mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Foto: Shutterstock

Musik Bisa Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman? Mitos atau Fakta?

Properti tanaman tanaman hias Musik pengaruhi pertumbuhan tanaman
Rizkie Fauzian • 18 April 2022 18:45
Jakarta: Mengajak bicara tanaman dipercaya membantu pertumbuhannya lebih cepat. Dalam sebuah studi juga ditemukan bahwa tanaman lebih cepat tumbuh mendengar suara wanita daripada pria. 
 
Meskipun tanaman tidak memiliki sistem saraf, tetapi sel-sel mereka bereaksi terhadap rangsangan dari lingkungan dan berkomunikasi satu sama lain. Para ilmuwan terus menyelidiki bagaimana tanaman bereaksi terhadap suara. 
 
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri, tanaman mungkin dapat mendeteksi getaran yang dibuat oleh predator tertentu, misalnya seperti ulat yang sedang mengunyah daun. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanaman kemudian mengenali getaran yang sama dan merespons dengan meningkatkan pertahanan. Suara merambat melalui getaran, hal ini yang membuat tanaman dapat "mendengar" atau "merasakan suara" dan meresponsnya.

Lantas apakah musik mempengaruhi pertumbuhan tanaman?

Musik Bisa Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman? Mitos atau Fakta?
Musik dipercaya mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Foto: Shutterstock
 
Sejumlah penelitian dilakukan untuk melihat efek musik pada pertumbuhan tanaman. Peneliti membandingkan pertumbuhan tanaman yang tidak diberi musik dengan yang didengarkan genre musik tertentu. 
 
Hasil penelitian telah menemukan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan secara statistik dalam pertumbuhan dan hasil tanaman ketika didengarkan musik. 
 
Apa yang sebenarnya terjadi di dalam tanaman dan mengapa musik memengaruhi pertumbuhannya tetap menjadi misteri yang terus diselidiki oleh beberapa komunitas ilmiah. 
 
Hal ini mungkin terkait dengan mekanisme yang sama yang meningkatkan pertumbuhan tanaman sebagai respons terhadap getaran ulat maupun suara manusia.

Memilih musik untuk tanaman

Musik Bisa Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman? Mitos atau Fakta?
Musik dipercaya mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Foto: Shutterstock
 
Penelitian ilmiah yang dilakukan tentang hubungan antara musik dan pertumbuhan tanaman telah menghasilkan konsensus tentang jenis musik terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. 
 
Genre itu sendiri tidak sepenting ritme dan harmoni yang ditemukan dalam musik. Oleh karena itu, musik klasik sering dipilih oleh petani yang ingin tanaman mereka tumbuh dengan cepat.
 
Faktor lain yang diyakini penting ketika memilih musik untuk tanaman adalah frekuensi suara. Studi menunjukkan musik frekuensi tinggi berjalan lebih mudah melalui protoplasma yang ditemukan di sel tanaman.
 
Apakah ini berarti Anda dapat mendengarkan tanaman tomat dengan musik agar menghasilkan buah yang lebih besar? Mungkin. Anda bisa melakukan eksperimen di rumah Anda sendiri. 
 
Pada skala yang lebih besar, para peneliti ingin tahu apakah musik dan/atau getaran dapat meningkatkan pertahanan dan "kekebalan" tanaman sehingga mengurangi kebutuhan penggunaan pestisida.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif