Fasilitas dan layanan yang wajib ada di guest house. Foto: Freepik
Fasilitas dan layanan yang wajib ada di guest house. Foto: Freepik

Fasilitas dan Pelayanan yang Wajib Ada di Guest House

Rizkie Fauzian • 07 September 2024 14:19
Jakarta: Mau liburan tapi hemat bujet? Kamu mungkin bisa menekan biaya pengeluaran selama liburan dengan menginap di guest house. Guest house umumnya disediakan oleh warga untuk ditempati oleh wisatawan yang membutuhkan penginapan dengan harga murah. 
 
Berbeda dengan hotel, guest house memiliki fasilitas sederhana, seperti hanya tempat tidur, kamar mandi, dan dapur bersama. Guest house memiliki konsep tinggal bersama pemilik rumah, sehingga para tamu yang menginap dapat merasakan kehangatan seperti dirumah sendiri. 
 
Meski harga menginap yang ditawarkan lebih terjangkau dibandingkan dengan penginapan jenis lainnya, tapi guest house juga memiliki fasilitas yang lengkap. Di bawah ini akan dijelaskan fasilitas dan pelayanan yang biasanya ada di guest house.

Fasilitas dan pelayanan yang wajib ada di Guest House

Fasilitas dan Pelayanan yang Wajib Ada di <i>Guest House</i>
Fasilitas dan layanan yang wajib ada di guest house. Foto: Freepik

Sebagai akomodasi yang populer di kalangan wisatawan, guest house harus menyediakan fasilitas dan pelayanan yang memadai demi kenyamanan dan kepuasan tamu. Berikut adalah daftar fasilitas dan pelayanan wajib yang perlu dimiliki oleh sebuah guest house.

1. Kamar nyaman

Hal terpenting yang harus dimiliki guest house adalah kamar yang nyaman dan bersih. Kamar harus dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman, AC atau kipas angin, lemari, meja, dan kursi.

2. Kamar mandi dalam

Kamar mandi dalam adalah fasilitas penting yang harus disediakan guest house. Kamar mandi harus dilengkapi dengan toilet, wastafel, shower, dan perlengkapan mandi dasar seperti sabun, sampo, dan handuk.

3. Wi-Fi gratis

Di era digital seperti sekarang, Wi-Fi gratis menjadi fasilitas yang sangat penting bagi tamu guest house. Akses internet yang stabil dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, atau sekadar bersantai.
 
Baca juga: Guest House, Homestay, Vila, dan Hostel, Apa Bedanya?
 

4. Resepsionis 24 Jam

Resepsionis 24 jam sangat penting untuk memberikan keamanan dan kenyamanan tamu. Petugas resepsionis dapat membantu tamu check-in, check-out, memberikan informasi tentang objek wisata sekitar, dan menangani masalah yang mungkin timbul.

5. Layanan pembersihan kamar

Layanan pembersihan kamar harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar tamu. Staf guest house harus mengganti seprai, membersihkan kamar mandi, dan membuang sampah secara teratur.

6. Area umum yang nyaman

Area umum yang nyaman dapat menjadi tempat tamu bersosialisasi, bersantai, atau sekadar bersantai. Area umum dapat dilengkapi dengan sofa, meja, kursi, televisi, dan buku-buku.

7. Dapur bersama

Dapur bersama sangat berguna bagi tamu yang ingin memasak sendiri atau menyimpan makanan dan minuman. Dapur harus dilengkapi dengan kompor, kulkas, microwave, dan peralatan memasak dasar.

8. Sarapan pagi

Meskipun tidak semua guest house menyediakan sarapan gratis, namun ini merupakan fasilitas yang sangat dihargai tamu. Sarapan pagi dapat berupa makanan ringan seperti roti, kopi, dan teh, atau makanan yang lebih berat seperti nasi goreng atau bubur.
 
Selain fasilitas di atas, guest house juga dapat menyediakan fasilitas tambahan seperti:
  1. Kolam renang
  2. Ruang kebugaran
  3. Layanan laundry
  4. Area parkir
  5. Penyewaan sepeda atau mobil
Dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan yang lengkap, guest house dapat memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi tamu dan meningkatkan tingkat hunian.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(KIE)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan