Hutan kota di Srengseng, Jakarta Barat. dok. MI
Hutan kota di Srengseng, Jakarta Barat. dok. MI

Hutan Kota sebagai Keberlanjutan Lingkungan

Properti ramah lingkungan taman kota desain interior penghijauan
Media Indonesia • 03 Desember 2019 12:08
Jakarta: Hutan kota merupakan salah satu langkah penghijauan yang dapat dilakukan di kawasan perkotaan. Tak hanya sebagai penyaring polusi udara, hutan kota juga dapat berfungsi sebagai paru-paru kota.
 
Korindo Group sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan perkebunan memberikan kontribusi dalam keberlanjutan lingkungan hidup. Salah satunya dengan membangun hutan kota di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 
"Pada kesempatan ini kami berkolaborasi dengan Pemda Bogor bermaksud membangun hutan kota seluas kurang lebih dua hektare (ha) Walaupun hanya hutan kecil, kami harapkan nantinya dapat berfungsi sebagai paru-paru kota di Kabupaten Bogor," ujar Senior Vice President Korindo Group Robert Seung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Robert menambahkan berharap pihaknya dapat membangun hutan kota lainnya di wilayah Indonesia secara berkelanjutan. Pemerintah Indonesia pada 2009 pernah mencanangkan 'One Man One Tree', satu orang menanam satu pohon.
 
"Pembangunan hutan kota ini menjadi momentum yang tepat untuk menggalakkan semangat penghijauan di Bulan Menanam Nasional. Program Kolaborasi Hijau (Green Collaboration) ini menjadi bentuk dukungan dalam upaya melestarikan lingkungan di Indonesia," jelasnya.
 
Dalam pembangunan hutan kota ini, Eucalyptus Deglupta dipilih menjadi tanaman tunggal sejenis untuk ditanam. Tanaman tersebut merupakan tanaman yang memiliki karakteristik cepat tumbuh dan perawatan yang relatif mudah, sehingga cocok untuk menjadi vegetasi hutan kota di Pakansari.
 
"Kurang lebih 2.000 bibit pohon yang kita tanam hari ini adalah demi Kabupaten Bogor dan juga demi kelangsungan masa depan bumi kita. Ini merupakan langkah awal dari beragam program penghijauan dan berwawasan lingkungan di wilayah Kabupaten Bogor," tambahnya.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif