Antara Eurotunnel dan MRT Jakarta
Terowongan kembar Eurotunnel epanjang 50,45 kilometer ini merupakan terpanjang kedua dunia setelah Seikan di Jepang. googlemap
Folkestone: Sebelum terowongan bawah laut bagian Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge (HZMB), ada dua terowongan bawah yang terpanjang dunia. Di antaranya adalah Channel Tunnel alias Eurotunnel yang menghubungkan Prancis dengan Inggris.

Terowongan sepanjang 50,45 kilometer ini merupakan terpanjang kedua dunia setelah Seikan di Jepang. Mega-project dua negara ini selesai dibangun pada 1994 dengan biaya pembangunan sebesar USD 20 miliar.


Di Inggris mulut terowongan bawah laut ini terletak di Shakespeare Cliff, Dover. Ujung sisi lainnya berada di Sangatte, Calais, Perancis.

Sejarah pembangunan

Ide menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris telah dicetuskan sejak ratusan tahun sebelumnya. Berawal dari keinginan Napoleon Bonaparte menghubungkan Prancis dengan Eropa daratan melintasi Samudera Atlantik.


Melalui terowongan kembar bawah laut ini Inggris dan Prancis dihubungkan dengan kereta api super cepat. AFP Photo/Phlillippe Huguen

Studi yang dilakukan tim ahli dua negara menyepakati bahwa terowongan bawah laut adalah jalur penghubung paling memungkinkan. Pada 1973 dibuat perjanjian Presiden Perancis Georges Pompidou dan PM Inggris Edward Heath mengenai pembangunan terowongan kembar kereta api di English Channel.

Pada 1979 group yang menamai dirinya European Channel Tunnel melakukan suatu study tentang pembangunan tunnel yang difungsikan sebagai railway. Mereka mengadakan kompetisi desain yang pada 1985 menghasilkan 10 proposal untuk dipilih sebagai Eurotunnel System.

Desain dan pengerjaan

Eurotunnel mulai dikerjakan pada Agustus 1986 dan selesai tujuh tahun kemudian. Kontraktor yang mengerjakan proyek ini adalah konsorsium Transmanche Link yang merupakan gabungan dari lima kontraktor Inggris dan Prancis.

Terowongan yang melibatkan hampir 15 ribu engineer, teknisi dan pekerja tersebut memiliki dua tunnel ukuran besar dilengkapi rel dengan diameter 7,6 meter. Jarak antara kedua tunnel 30 meter.

Di antara kedua tunnel tersebut terdapat tunnel kecil berdiameter 4,8 meter yang didesign untuk sistem pengendalian dan servis. Tunnel tersebut terletak 45 meter di bawah dasar laut. Terdapat sambungan melintang antara kedua rail tunnel dengan service tunnel di tengah pada tiap jarak 375 meter.


graphic: getlinkgroup.com

Selain itu kendaraan-kendaraan untuk mengangkut penumpang dan barang yang letaknya di antara terminal-terminal. Sementara stasiun tempat pengangkutan yang berada di terminal Perancis dan di Ashford dekat Folkestone Inggris dihubungkan dengan jalan-jalan dan fasilitas rel.

Di dalam pengerjaan proyek alat utama yang digunakan antara lain adalah Tunnel Boring Machines (TBM). Bor raksasa yang canggih ini pula ini juga digunakan dalam proyek MRT Jakarta.

Terdapat 11 TBM yang digunakan yaitu enam dari sisi Inggris (tiga di bawah air dan tiga di bawah tanah) dan enam dari sisi Perancis ( tiga dibawah laut dan dua dibawah tanah). Desain TBM ini dianggap unik karena menggunakan teknologi yang berkombinasi sehingga dapat digunakan pada kondisi tanah yang halus dibawah air maupun kondisi batuan yang keras.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id