Anggota TNI, Polri & ASN Bisa <i>Nyicil</i> KPR Sampai Pensiun
Presiden Jokowi menyapa para ASN peserta apel siaga
Jakarta:Pemerintah menyiapkan skema pembiayaan kepemilikan rumah khusus bagi aparatur sipil negara dan anggota TNI dan Polri golongan rendah. Selain tanpa uang muka, juga memiliki tenor hingga 30 tahun, dua kali lebih panjang dibanding KPR reguler.

"Tujuannya jelas, meningkatkan kesejahteraan anggota TNI, Polri dan ASN agar semakin konsentrasi dalam bekerja," kata Presiden Jokowi dalam rapat kabinet di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (7/11/2018).


Berdasar data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) setidaknya terdapat 945 ribu ASN, 275 ribu TNI dan 360 ribu Polri yang belum memiliki rumah permanen pribadi. Program KPR yang sedang pemerintah siapkan bagi mereka adalah uang muka 0 persen dan masa pinjamannya sampai 30 tahun dengan pembayaran cicilannya sampai usia pensiun maksimum 75 tahun.


"Skema tersebut masih akan dibahas dalam beberapa rapat lanjutan. Ada kemungkinan penggunaan APBN," jawab Wakil Menkeu Mardiasmo ditanya mengenai sumber pendanaan.


Sedangkan lokasi hunian masih dicarikan yang tidak terlalu berjauhkan dengan lokasi tugas yang bersangkutan. Tentunya untuk yang di perkotaan yang paling memungkinkan untuk dijangkau adalah rumah susun hak milik. Sebaliknya rumah tapak masih memungkinkan berada di daerah.

Untuk keperluan tersebut Kementerian Keuangan bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang tengah mendata ulang lahan kosong milik negara yang memungkinan untuk digunakan sebagai lokasi pembangunan perumahan. "Kita pertimbangkan aksesibilitas ke tempat kerja dan integrasinya dengan pengembangan kegiatan ekonomi dan menopang kawasan tersebut," jelas Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.


Pasangan penghuni rumah dinas TNI AD di Mappanyuki, Makassar, menolak mengosongkan rumah agar bisa ditempati anggota aktif TNI AD (2/12/2015). Banyak kasus ketika anggota TNI, Polri dan ASN yang bersangkutan sudah pensiun -bahkan sudah meninggal dunia- rumah tetap ditempati oleh anak keturunan mereka. Antara Foto/Abriawan Abhe

Menko Kesra Puan Maharani yang juga ditemui seusai rapat kabinet menegaskan program populis ini tidak terkait dengan Pilpres 2019. Sebab bahkan semenjak era pemerintahan sebelumnya proyek pengadaan perumahan layak yang terjangkau bagi anggota TNI, Polri dan ASN sudah mulai dirintis.

"Jangan sampai ketika pensiun ASN, TNI dan Polri nggak punya rumah milik untuk tempat tinggal," papar Puan.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id