Homestay di Mandalika. Foto: Kementerian PUPR
Homestay di Mandalika. Foto: Kementerian PUPR

Populer Properti, Tanggapan IAI soal Desain IKN hingga Perbaikan Rumah di Kawasan Mandalika

Properti Bisnis Properti Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Properti Berita Populer homestay Desain ibu kota baru Nyoman Nuarta Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI)
Rizkie Fauzian • 13 Januari 2022 10:47
Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Di antaranya hunian di kawasan sirkuit Mandalika bergaya rumah adat sasak hingga tanggapan asosiasi arsitek soal desain IKN.
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Rabu, 12 Januari 2022:

1. 196 Hunian di Kawasan Sirkuit Mandalika Disulap Bergaya Rumah Adat Sasak

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat penataan rumah-rumah di sekitar kawasan koridor Sirkuit MotoGP Mandalika. Penataan rumah dilakukan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan dilakukan dengan mengedepankan ciri khas rumah adat sasak agar lebih menarik para pengunjung ajang balap motor bertaraf internasional tersebut.
 
"Kami siap menata rumah-rumah di sekitar kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika ini. Masyarakat juga dilibatkan dalam proses pembangunannya melalui Program BSPS," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 Januari 2022.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Naik 86%, Lippo Karawaci Catat Pra Penjualan Rp4,96 Triliun pada 2021

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pra penjualan (marketing sales) sebesar Rp4,96 triliun pada 2021. Angka tersebut naik 86 persen YoY (year on year) dan 18 persen di atas target sebesar Rp4,2 triliun. 
 
CEO LPKR John Riady mengatakan, melihat torehan bisnis properti pada 2021, pihaknya optimistis pra penjualan tahun ini juga akan mampu memberikan hasil yang menggembirakan. 
 
"Manajemen memperkirakan pra penjualan akan tetap kuat pada tahun ini menyusul peningkatan 86 persen pada 2021 dengan peningkatan sebesar lebih dari 5 persen menjadi Rp5,2 triliun pada 2022," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu, 12 Januari 2022.
 
Baca selengkapnya di sini 

3.Tanggapi Desain Istana IKN, IAI Sebut Harus Dilakukan Arsitek Kompeten

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menyoroti beredarnya rancangan awal Istana Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur yang dirancang Nyoman Nuarta.  IAI berpendapat bahwa gagasan abstrak dari sebuah bangunan Istana Negara IKN dapat datang dari siapa saja.
 
Namun sebagai sebuah gagasan abstrak, apabila akan diwujudkan menjadi rancangan arsitektur, maka penyelenggaraannya harus melalui kajian-kajian ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni secara utuh. 
 
Terutama dalam menggubah ruang dan lingkungan yang memenuhi kaidah fungsi, kaidah konstruksi, dan kaidah estetika serta memenuhi kriteria keselamatan, keamanan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca selengkapnya di sini 
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif