NEWSTICKER
Salah satu bangunan yang diusulkan menjadi cagar budaya di Kudus. Foto: Antara
Salah satu bangunan yang diusulkan menjadi cagar budaya di Kudus. Foto: Antara

10 Bangunan Diusulkan Jadi Cagar Budaya

Properti cagar budaya bangunan bersejarah bangunan sejarah
Antara • 05 Februari 2020 19:39
Kudus: Sebanyak 10 bangunan yang ada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal dijadikan cagar budaya. Terdapat 166 benda baik yang sudah tercatat maupun belum tercatat sebagai benda cagar budaya.
 
"Untuk bisa mengusulkan suatu benda atau bangunan menjadi cagar budaya memang tidak mudah karena harus dilengkapi dengan dokumen pendukung, termasuk narasi terkait benda berserajah tersebut," kata Kasi Sejarah, Permuseuman dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus RR. Lilik Ngesti W di Kudus, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Ia mengatakan bahwa penyusunan narasi tentang benda bersejarah tersebut juga harus mencari nara beberapa sumber yang bisa dipercaya sebagai perbandingan guna memastikan benar tidaknya keterangan dari masing-masing nara sumber tersebut. Selain itu, perlu pula mencari literatur tentang benda bersejarah yang nantinya akan diusulkan menjadi benda cagar budaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia alasan menetapkan 10 bangunan bersejarah untuk diusulkan lebih dahulu sebagai cagar budaya karena menjadi skala prioritas. Dari sejumlah bangunan yang diusulkan tersebut, di antaranya ada kompleks Pendopo Kabupaten Kudus yang nantinya dilakukan empat kajian karena terdapat empat bagian yang nantinya diberikan deskripsi sendiri-sendiri.
 
Selain itu, ada bangunan eks Sekolah Rakyat di kompleks Pendopo Kabupaten Kudus, bangunan eks Kawedanan Cendono, Kota, dan Tenggeles. Bangunan lainnya, yakni rumah bibit ternak di Kudus serta rumah adat Joglo Pencu yang merupakan rumah adat Kudus.
 
Tim penyusun deskripsi untuk masing-masing bangunan bersejarah tersebut, merupakan Tim Pencatatan Benda Cagar Budaya. Setelah semuanya lengkap, kemudian diusulkan untuk mendapatkan rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) untuk dikaji dan diteliti guna memastikan apakah cagar budaya tersebut bisa masuk ke dalam daftar cagar budaya tingkat kabupaten atau tingkat provinsi maupun nasional.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif