Ibu kota baru jangan terlalu padat. (Foto: dok. Kementerian PUPR)
Ibu kota baru jangan terlalu padat. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

Ridwan Kamil: Desain Ibu Kota Baru Harus Humanis

Properti pemindahan ibukota ridwan kamil Ibu Kota Baru
Antara • 03 Oktober 2019 17:42
Bandung: Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil didapuk menjadi juri dalam Sayembara Desain Ibu Kota Negara Baru. Selain dia, ada 12 juri lainnya yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 
"Enggak tahu, ditelepon saja, siap penugasan ini. Itu ditelepon melalui PUPR. Ini desain (ibu kota RI yang baru) katanya ada sembilan orang, tapi enggak tahu siapa saja dan yang gubernur baru saya mungkin karena profesi (sebagai insinyur)," kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil, di Bandung, Kamis, 3 Oktober 2019.
 
Kang Emil mengatakan, untuk mendesain sebuah ibu kota baru agar menjadi yang terbaik sedunia, maka semua konsep terbaik harus ada di dalam rancangan kota baru tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena ini dibuat dari nol, misalnya konteks sejarah, maka kota harus humanis. Dan jaraknya dekat sehingga orang jalan kaki mengurangi mobil dan motor, bangunannya go green," ujarnya.
 
Ibu kota juga harus memiliki konsep ramah lingkungan, tidak seperti Jakarta saat ini. Selain itu kepadatannya harus cukup atau tidak padat hingga membuat sesak.
 
"Pola pembangunan juga mesti terukur agar kondisi perkotaan tak terlalu padat dan sesak. Jadi sebuah ibu kota ini harus humanis," kata Emil.
 
Poin estetika juga turut jadi penilaian penting agar memiliki menjadi kebanggaan masyarakat.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif