Warga berolahraga di pelataran SU GBK yang bermandi cahaya warna biru. Seluruh venue Asian Games 2018 dilengkapi fasilitas ramah penyandang cacat sesuai standart internasional. AFP Photo/Adek Berry
Warga berolahraga di pelataran SU GBK yang bermandi cahaya warna biru. Seluruh venue Asian Games 2018 dilengkapi fasilitas ramah penyandang cacat sesuai standart internasional. AFP Photo/Adek Berry

Kompleks GBK makin ramah difabel

Properti renovasi gbk gbk
Rizkie Fauzian • 30 Juli 2018 15:09
Jakarta: Renovasi dan pembangunan venue di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) bukan hanya untuk Asian Games 2018. Melainkan juga disiapkan untuk Asian Paragames 2018 pada Oktober mendatang.
 
Maka seluruh desain fasilitasnya harus mampu mendukung mobilitas para olahragawan penyandang cacat. Termasuk akses bagi para penonton penyandang cacat dilengkapi oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.
 
Berikut rincian kelengkapan fasilitas bagi penyandang disabilitas yang tersedia di Kompleks GBK:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


SU Gelora Bung Karno
 
Disediakan akses ramp (jalur landai) yang bisa dilalui kursi roda dengan lebar dan tingkat kemiringan sudah sesuai pedoman teknis. Di tribun penonton terdapat 264 'kursi' bagi penyandang cacat bersama pendampingnya.
 
Training facility
 
Lokasi drop-off yang terkoneksi dengan ramp, toilet, lift dan tempat penonton. Selain itu dibangun jalur pemandu (guiding block) di trotoar depan bangunan.
 
Lapangan hoki, panahan,softball dan sepakbola ABC
 
Tersedia ramp sebagai akses masuk hingga ke tribun serta adanya toilet disabilitas.
 
Kompleks GBK makin ramah difabel
 
Stadion renang
 
Dua pintu akses bagi penyandang cacat ada di timur dan barat. Jalur ramp mulai dari loket tiket hingga tribun. Kursi penonton penyandang cacat sebanyak 100 buah.
 
Stadion madya
 
Penyandang cacat dapat mengakses tribun penonton secara langsung atau melalui ramp di bagian depan bangunan. Di lantai dasar tribun barat dan timur juga disediakan area untuk menonton pertandingan.
 
Stadion tenis indoor
 
Akses penonton penyandang cacat disediakan di jalur pintu barat. Ada penambahan ramp kecil yang menghubungan toilet khusus dengan tribun bagi penyandang cacat di lantai dasar.
 
Akses ke tribun melalui koridor sisi barat gedung dan tambahan ramp portable karena beda ketinggian lantai koridor dengan area pertandingan. Kapasitas untuk kursi roda sebanyak 25 yang dipusatkan di sisi barat.
 
Kompleks GBK makin ramah difabel
 
Stadion tenis outdoor
 
Ada ramp menuju kursi penonton di lantai dasar yang mampu menampung 36 kursi roda. Di lantai atas terdapat tribun VIP berkapasitas lima kursi roda dan akses VIP ke lantai atas menggunakan lift di sisi utara.
 
Gedung basket
 
Tersedia akses bagi pengunjung penyandang disabilitas yang bisa diakses melalui pintu utara dan barat. Kursi penonton berada di sisi area pertandingan yang dapat diakses dengan mudah oleh penyandang disabilitas.
 
Istana Olahraga (Istora)
 
Tersedia fasilitas akses ramp di sisi utara dan selatan stadion. Ramp untuk setiap ruangan yang berbeda ketinggian lantainya serta toilet khusus di lantai 1 dan 2.
 
Bagi para atletnya, akses menuju arena pertandingan juga relatif mudah sebab juga melalui ramp. Di ruang ganti atlet desain juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan, seperti daun pintu lebih lebar dan toilet khusus.
 
Kompleks GBK makin ramah difabel
 
Lapangan baseball
 
Penonton penyandang disabilitas dapat mengakses tribun secara langsung atau melalui Ramp pada bagian depan bangunan. Tersedia tribun penonton penyandang disabilitas di lantai 2 yang dilengkapi akses ramp.
 
Penataan Kawasan GBK
 
Tersedia jalur pemandu (guiding block) pada sepanjang koridor dan trotoar di kawasan GBK. Kawasan GBK juga dilengkapi toilet bagi penyandang disabilitas.
 
Lapangan squash
 
Tersedia akses masuk bagi penyandang disabilitas di bagian pintu utama yang dapat diakses bersamaan dengan pintu masuk penonton umum. Tersedia ruang bagi penonton penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda berkapasitas 20 orang.
 

 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif