SEG Plaza merupakan bangunan tertinggi ke-18 di Shenzhen. Foto: AFP
SEG Plaza merupakan bangunan tertinggi ke-18 di Shenzhen. Foto: AFP

Profil SEG Plaza, Gedung Pencakar Langit di Tiongkok yang Bergetar

Properti pencakar langit Arsitektur Unik gedung unik Gedung Pencakar Langit
Rizkie Fauzian • 21 Mei 2021 18:58
Shenzhen: Beberapa waktu lalu, sebuah gedung pencakar langit di Shenzhen, Tiongkok berguncang. Belum diketahui penyebab SEG Plaza berguncang.
 
Dalam rekaman yang beredar, menunjukkan kerumunan orang melarikan diri ketika bangunan mulai bergoyang tepat pada 18 Mei 2021 pukul 1 siang. 
 
Pemerintah setempat mengklaim bahwa struktur bangunan aman. Penyebabnya masih diselidiki hingga kini. Situasi terkini akan diumumkan kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada getaran baru yang terjadi di dalam gedung, dan struktur utama serta lingkungan sekitarnya aman dan stabil," ungkap pemerintah kota Shenzhen di situs microblogging Weibo.

SEG Plaza

SEG Plaza merupakan bangunan tertinggi ke-18 di Shenzhen. Bangunan tersebut selesai di tahun pada 2000 oleh Hua Yi Designing Consultants.
 
Gedung pencakar langit ini memiliki tinggi atap 292 meter ditambah antena yang membuatnya setinggi 356 meter. Sehingga bangunan ini masuk dalam kategori supertall.
 
SEG Plaza berada di Huaquiangbei, distrik elektronik Shenzhen. SEG Plaza dibangun untuk Shenzhen Electronics Group.
 
Gedung ini menjadi kantor sekaligus pasar yang penuh dengan toko-toko yang menjual komponen elektronik. Menurut Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), gedung 70 lantai ini tertinggi ke-104 di Tiongkok. 

Penyebab guncangan

Alasan guncangan saat ini tidak dapat dijelaskan. The Shenzhen Emergency Management Bureau mendeteksi tidak ada gempa bumi saat kejadian guncangan.
 
Tahun lalu, pemerintah Tiongkok melarang pembangunan gedung pencakar langit baru lebih dari 500 meter dan membatasi bangunan di atas 250 meter.
 
Masalah baru-baru ini dilaporkan di gedung pencakar langit super lainnya di New York mengeluh terjebak di lift saat angin kencang.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif