Peningkatan minat ini terlihat dari data internal 99 Group, yaitu sebesar 58,7 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2022, di mana pencari properti kalangan perempuan saat itu tercatat sebesar 46,6 persen.
Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik mengungkapkan banyak perempuan saat ini telah memiliki penghasilan sendiri dengan didukung kemampuan mengelola keuangan yang baik.
"Perempuan juga semakin melek properti dengan menyadari pentingnya memiliki properti sebagai potensi investasi jangka panjang," katanya dalam keterangan tertulis dikutip Selasa, 25 April 2023.
Baca juga: Bukan Jakarta, Ini Kota yang Paling Banyak Diburu Pencari Rumah |
Selain sebagai potensi investasi, kepemilikan hunian bagi perempuan juga bisa menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman, terutama saat memulai kehidupan keluarga baru bersama pasangannya.
Product and Business Ops General Manager 99 Group Indonesia Shafirra Shikka Larasati menjelaskan dari sisi usia, perempuan yang aktif mencari properti didominasi kalangan usia produktif, yakni rentang 25-34 tahun sebanyak 38,9 persen dan 35-44 tahun sebanyak 27,3 persen.
Dua kelompok usia tersebut memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk memiliki hunian. Di sisi lain, perempuan kalangan Gen-Z, juga mulai memiliki minat yang cukup tinggi dalam mencari properti, yakni sebesar 20,6 persen.
“Perempuan Gen-Z mulai memasuki pasar tenaga kerja sehingga mereka berusaha membangun kemandirian finansial sekaligus mengumpulkan berbagai macam informasi yang diperlukan untuk mendapatkan hunian impian mereka. Mereka mulai menyadari pentingnya memiliki hunian sebagai aset dan potensi investasi jangka panjang,” jelasnya.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News