12 Tahun untuk Membuat Tumpeng Kaca Tertinggi
Warga berjalan kaki menyeberangi Sungai Thame melalui Millennium Bridge. Di ujung kanan adalah The Shard. AFP Photo/Daniel Leal-Olivas
London:The Shard di London pada Juli 2012 dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di Eropa. Kini posisi tersebut akan tergantikan oleh Lakhta Center yang berada kota St Petersburg, Rusia.

Menjulang 310 meter, gedung kerucut seperti tumpeng ini dibangun selama 12 tahun. Sebagaimana dikutip dari dezeen, arsitek gedung yang berjuluk "City in the Sky" ini adalah Renzo Piano, asal Italia.


Arsitektur bangunannya modern dengan menggunakan teknik facade yang memberikan efek kristal. Ini membuat The Shard dari kejauhan bagai puncak gunung es yang menyembul dari Sungai Thames.

Penggunaan kaca dengan fasad panel miring dimaksudkan untuk memantulkan sinar matahari saat di siang hari. Namun begitu malam, bangunan tersebut dihiasi laser berwarna-warni.

Untuk membangun gedung ini setidaknya dibutuhkan 11 ribu panel kaca dengan nilai total Pound 1,5 miliar. Dana setara Rp 21,9 triliun itu berasal dari Qatar National Bank.

The Shard dibangun untuk menggantikan gedung Southwark Tower yang dibangun pada 1970 di London Bridge. Meski pembangunannya telah selesai 2012, namun The Shard baru dibuka untuk umum pada 1 Februari 2013.

Biaya masuk untuk menikmati Shard yang dipatok tinggi. Pengunjung harus merogoh kantong sebesar Rp 1 juta per empat orang selama 30 detik pertama untuk dapat masuk di The Shard.

Bangunan dengan tinggi 72 lantai dan luas 62 ribu meter persegi. Di dalamnya merupakan perkantoran, apartemen, spa, ritel dan restoran dan galeri seni di bagian puncak.

The View merupakan ruangan di lantai 68, 69 dan 72 tempat kita dapat melihat landscape kota London dengan leluasa.  Selain itu, ada taman langit (sky garden) di setiap lantai yang menawarkan ventilasi alami dan meningkatkan kualitas udara.

Saat naik ke lantai 69 Anda akan merasa seperti di atas awan. Hebatnya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk mencapai puncak.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id