Di Kopenhagen, Material Terbuang Jadi Perumahan
Pada fasad bangunan hampir seluruhnya menggunakan material kaca yang dikombinasikan dengan bekas patahan batu bata. pedro.co.za/Tredje Nature
Kopenhagen: Sebuah bangunan di Ørestad, Kopenhagen, Denmark, ini selain desainya futuristik tapi juga materialnya menarik. Geudng tersebut dibangun menggunakan bahan-bahan yang berasal dari daur ulang.

Perusahaan arsitektur Denmark, Lendager Group dan Tredje Nature memperkirakan bahwa proyek perumahan dan area komersil ini menggunakan 17.577 ton bahan limbah daur ulang.


CPH Common House merupakan proyek yang mengusung konsep konstruksi hijau atau berkelanjutan karena menggunakan bahan yang dapat didaur ulang kembali. Selain itu, bangunan ini juga dihiasi banyak tanaman hijau di balkon dan atapnya.

"Dengan Common House kami ingin menunjukkan cara membangunan bangunan tinggi dan padat tanpa menghilangkan sejarah, konteks dan skala manusia. Kami juga ingin membuat bangunan bertingkat tinggi yang berkelanjutan di Kopenhagen," kata arsitek Tredje Natur,Ole Schrøder, seperti dikutip dari pedro.co.za.


all photos: pedro.co.za/Tredje Nature

Bangunan ini menggabungkan dua elemen, yakni courtyard dan bangunan tinggi yang menjulang 75 meter. Desainnya menyerupai sebuah kontainer yang ditumpuk ke atas dan bangunan lain ditumpuk dengan sejajar dan beraturan.

Pada fasad bangunan hampir seluruhnya menggunakan material kaca yang dikombinasikan dengan bekas patahan batu bata. Panel bangunannya dari bingkai jendela bekas dan lantai kayu daur ulang.

Pada bagian interior bangunan terdapat beberapa bahan yang menggunakan daur ulang. Papan yang digunakan dari kayu daur ulang, ubin kamar mandi dari gabus bekas sampanye dan juga panel dari kertas granulasi daur ulang.


 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id