Rumah dengan desain unik di Jepang. Foto: Takeru Shoji Architects
Rumah dengan desain unik di Jepang. Foto: Takeru Shoji Architects

Kaleidoskop Properti 2019

Kaleidoskop 2019: Desain Rumah Anti-mainstream Selama 2019

Properti bangunan unik desain interior Arsitektur Unik gedung unik Kaleidoskop 2019
Anggi Tondi Martaon • 27 Desember 2019 11:19
Jakarta: Berbagai hunian unik berhasil dibangun pada 2019. Tidak hanya di luar negeri, sebagian besar hunian unik tersebut berada di Indonesia. Berikut desain rumah unik yang dikutip dari berbagai sumber.
 
1. The Twins
Kaleidoskop 2019: Desain Rumah Anti-mainstream Selama 2019
Foto: Fernando Gomulya/Archdaily
 
Tidak hanya unik, The Twins juga sebagai solusi keterbatasan lahan. Konsep yang ditawarkan membangun hunian dengan fasilitas cukup lengkap tapi tetap nyaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti pembangunan The Twins di Cipulir. Meski dibangun di atas lahan 70 meter, bangunan tersebut memiliki fasilitas dua kamar tidur, dua kamar mandi, dapur, ruangan kelaurga, taman dan lain sebagainya.
 
Semua fasilitas tersebut terbagi dalam dua bangunan. Setiap ruang tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan masing-masing keluarga.
 
Bangunan tersebut dihubungkan dengan pathway kecil dan pintu kaca yang dapat dibuka. Sehingga bisa menciptakan ruang serbaguna yang lebih luas.
 
Selain itu, masing-masing bangunan memiliki dry garden untuk menjawab kebutuhan penghuni tentang lahan terbuka. Walaupun lahan terbatas, namun penghuni dapat menikmati area hijau.
 
2. 3500 Millimeter House
Kaleidoskop 2019: Desain Rumah Anti-mainstream Selama 2019
Foto: Kafin Noe'man
 
3500 Millimeter House merupakan sebuah bukti jika masyarakat tetap bisa memiliki hunian nyaman meski memiliki lahan terbatas. Lebar bangunan hanya 3,5 meter.
 
Hunian yang berada di kawasan Jakarta Selatan ini dibangun secara vertikal berlantai 3. Setiap lantai memiliki fungsi berbeda.
 
Lantai dasar difungsikan sebagai kamar tidur utama. Ruang keluarga, ruang makan dan dapur, serta laundry area berada di lantai dua. Sementara, lantai tiga menjadi kamar anak.
 
Perabotan yang digunakan bersifat plug-in. Artinya, setiap perabot bisa diubah ukuran dan fungsi sesuai kebutuhan.
 
Tak hanya itu, beberapa elemen dalam rumah juga memiliki fungsi ganda. Misalnya, tangga dijadikan sebagai rak buku. Ada juga meja yang dapat dijadikan tempat penyimpanan.
 
3. M House
Kaleidoskop 2019: Desain Rumah Anti-mainstream Selama 2019

Foto: Takeru Shoji Architects
 
M House memiliki desain yang cukup sempurna. Meski pun begitu, bangunan yang dirancang oleh arsitek Takeru Shoji ini mampu menjawab kebutuhan penghuni akan tantangan iklim yang sangat ekstrem di Uonuma, Jepang.
 
Bangunan dua lantai tersebut memanfaatkan pondasi sebagai bangunan utama. Material yang digunakan untuk dinding bagian dalam dan luar berbeda.
 
Bagian luar menggunakan beton untuk menjaga suhu ruangan tetap dingin saat musim panas. Sementara saat musim dingin, suhu ruangan tetap dijaga dengan keberadaan tungku pembakaran kayu di musim dingin.
 
Lantai dasar bangunan difungsikan sebagai maka ruang tamu, ruang makan, dapur. Sementara lantai dua yang terdiri dari ruang penyangga di bagian atas dibuat sebagai area beranda dan berjemur.
 
4. Cleft House
Kaleidoskop 2019: Desain Rumah Anti-mainstream Selama 2019
Foto: André Jeanpierre Fanthome and Suryan/Dang
 
Bangunan yang dirancang Studio Anagram Architects tidak memiliki jendela. Namun, bagian rumah yang terbelah pada bagian tengah dimanfaatkan sebagai ventilasi alami untuk suplay cahaya dan udara.
 
Cleft House memiliki fasad marmer putih yang dipasangi struktur baja. Pemilihan material marmer diharapkan bisa mendinginkan suhu di dalam rumah.
 
Di bagian dalam, desainnya dibuat seperti rumah tradisional India. Dengan struktur terbuka, setiap area di dalam rumah saling terhubung.
 
Sementara lantai dasar dibuat dengan perhitungan matang agar cahaya dan ventilasi tetap terjaga baik. Kamar tidur berada di lantai atas dengan balkon berlapis kaca.
 
Rumah empat lantai tersebut memiliki fasilitas lift dan juga tangga spiral untuk menghemat ruang dan menghubungkan setiap lantainya.
 
5. Rumah Cetak 3D
Kaleidoskop 2019: Desain Rumah Anti-mainstream Selama 2019
Foto: Joshua Perez/New Story
 
Kemajuan teknologi mulai merambah sektor arsitektor. Salah satunya perkembangan industri rumah cetak 3D.
 
Rumah tersebut dibangun dengan mesin cetak sehingga meminimalkan tenaga manusia. Penggunaan mesin tersebut memangkas waktu dan biaya pembangunan.
 
Seperti pembangunan Rumah Cetakan 3D di Tabasco, Meksiko. Bangunan seluas 152,4 meter persegi dibangun dalam waktu 24 jam dan hanya menghabiskan biaya Rp56 juta.
 
Meski murah dan cepat, kualitas rumah ini tak kalah indah dan nyaman. Setiap rumah memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan teras yang bisa dimanfaatkan untuk duduk santai.
 
6. The Hideout
Kaleidoskop 2019: Desain Rumah Anti-mainstream Selama 2019

Foto: Sasha Juliard
 
The Hideout merupakan salah satu bangunan mungil yang menarik perhatian dunia. Selain desain dan ukuran yang unik, bangunan yang ada di Bali itu dibangun dengan memanfaatkan bambu.
 
The Hideout terdiri dari dua lantai. Rumah tersebut juga memiliki pemandangan yang sangat indah karena terletak di sekitar Gunung Agung.
 
Video:?Bingung Liburan Mau ke Mana? Ini 6 Referensi Film yang Menarik Ditonton

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif