Salah satu bangunan di Queen's University.  (Foto: law.qub.ac.uk)
Salah satu bangunan di Queen's University. (Foto: law.qub.ac.uk)

Lima Kampus dengan Arsitektur Termegah di Dunia

Properti Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 07 Mei 2019 13:01
Jakarta: Kampus-kampus ini tak hanya punya reputasi baik di dunia, bangunannya pun megah. Beberapa kampus bahkan dijuluki sebagai kampus kuno dengan arsitektur bak kastil.
 
Berikut ini beberapa kampus yang punya arsitektur megah dikutip Housebeautiful.
 
1. Flagler College, Florida
Lima Kampus dengan Arsitektur Termegah di Dunia
(Foto: flagler.edu)
Kampus yang berada di St Augustine, Florida, Amerika Serikat, dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik yang komprehensif di wilayah tenggara, bahkan se-Amerika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bangunan megah tersebut merupakan bekas hotel mewah, Ponce de Leon yang dibangun pada 1888 oleh Henry Flagler. Arsitektur bekas hotel masih terlihat dari ruang-ruang di dalamnya.
 
Misalnya ada hiasan kayu berukir, panel dengan marmer, lukisan dinding atau mural hingga jendela kaca patri yang bernuansa klasik. Bangunan kampus ini bergaya klasik dengan bernilai sejarah.
 
Tak heran jika kampus swasta terbaik ini memiliki pemandangan yang indah. Bahkan kampus ini disebut bukan sebagai tempat belajar, tetapi tempat berlibur.
 
2. Trinity College, Dublin
Lima Kampus dengan Arsitektur Termegah di Dunia
(Foto: Al Ferreira/Trinity College)
Trinity College didirikan pada 1592 dan merupakan salah satu dari tujuh universitas kuno di Inggris dan Irlandia. Tak heran jika bentuk bangunannya terlihat sangat klasik.
 
Kampus ini memiliki 25 jurusan yang berbeda, sehingga masuk akal bahwa Perpustakaan Trinity College memiliki lebih dari 6,2 juta manuskrip, peta, dan musik yang dicetak.
 
Selama lebih dari 400 tahun, universitas bersejarah ini telah menjadi pemimpin dunia dalam pendidikan berkualitas tinggi yang diakui secara internasional.
 
3. Queen’s University, Irlandia
Lima Kampus dengan Arsitektur Termegah di Dunia
(Foto: qub.ac.uk)
Universitas ini lebih mirip istana yang cocok untuk bangsawan Irlandia daripada sekolah untuk remaja berusia 20-an. Gedung Lanyon tercatat sebagai salah satu landmark paling terkenal di Universitas Queen. Kampus ini menampung lebih dari 250 bangunan bergaya gothic dan abad pertengahan yang dirancang oleh arsitek Sir Charles Lanyon.
 
4. Princeton University, New Jersey
Lima Kampus dengan Arsitektur Termegah di Dunia
(Foto: visitprinceton.org)
Kampus bergengsi ini didirikan pada 1746 dan merupakan universitas tertua keempat di Amerika Serikat. Bangunan di kampus ini menggabungkan berbagai gaya arsitektur, mulai dari gothic victoria hingga revival romawi.
 
Dibangun di atas lahan seluas sekitar 500 hektare, Princeton University menjadi tempat bagi bangunan bersejarah yakni sejarah Revolusi Amerika.
 
5. University of Salamanca, Spanyol
Lima Kampus dengan Arsitektur Termegah di Dunia
(Foto: globalandinternationalstudies.com)
Didirikan pada 1134, kampus ini adalah universitas tertua di Spanyol dan universitas tertua ketiga di dunia. Tak heran jika bangunannya sangat klasik menyerupai istana. Selain itu, kampus ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat keindahan arsitekturnya.
 
Meskipun bangunan beberapa kali mengalami renovasi, tetapi sebagian besar struktur bangunan masih mencerminkan gaya Salmantica yang berusia 2.000 tahun.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif