Bangunan ini dulunya merupakan sebuah apartemen di Chicago. Foto: Chicago Cultural Center
Bangunan ini dulunya merupakan sebuah apartemen di Chicago. Foto: Chicago Cultural Center

4 Bangunan Ikonik Amerika yang Dihancurkan

Properti bangunan bersejarah gedung sejarah bangunan sejarah Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 17 Desember 2019 08:15
Jakarta: Bangunan ikonik di suatu negara nyatanya tidak selalu dipertahankan. Ada saatnya bangunan tersebut harus diruntuhkan dan diganti dengan yang baru.
 
Salah satu negara yang melakukan hal tersebut adalah Amerika. Dikutip CNN, berikut ini beberapa bangunan ikonik yang akhirnya diruntuhkan dan diganti dengan yang baru.
 
1. Mecca Flats
4 Bangunan Ikonik Amerika yang Dihancurkan
Foto: Chicago Cultural Center

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mecca merupakan bangunan hotel pertama yang dibangun pada 1892. Hotel tersebut dirancang oleh Willoughby J. Edbrooke dan Franklin Pierce Burnham .
 
Kemudian, bangunan sebanyak 96 unit tersebut diubah menjadi hunian apartemen pada 1893. Awalnya, kamar di apartemen tersebut disewakan hanya untuk kulit putih.
 
Namun, kebijakan tersebut akhirnya berbalik dan bangunan apartemen tersebut menjadi hunian bagi keluarga kulit hitam kelas menengah. Hunian tersebut beberapa kali renovasi atau revitalisasi pada akhir abad 19.
4 Bangunan Ikonik Amerika yang Dihancurkan
Foto: Bill Zbaren/Krueck and Sexton Architects
 
Namun pada 1930-an, Mecca dibeli oleh pejabat di Institut Armor. Setelah mempertahankan hingga puluhan tahun, pada 1952 bangunan tersebut dihancurkan dan diubah menjadi sekolah arsitek IIT.
 
2. Waldof Astoria
4 Bangunan Ikonik Amerika yang Dihancurkan
Foto: Library of Congress, Washington D.C.
 
Waldof Astoria merupakan salah satu penginapan terbesar pada eranya. Jumlah kamar bahkan mencapai 1.300.
 
Pembangunan Waldof Astoria dilakukan dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada 1893. Selain dilengkapi dengan 530 kamar, bangunan 11 lantai tersebut juga memiliki apartemen mewah dan ballroom megah.
 
Pembangunan kedua dilakukan pada 1897. Tahap kedua ini terdiri dari pembangunan 16 lantai. Teknik pembangunan menggunakan struktur kerangka baja.
 
Meski diklaim sebagai penginapan termewah, Waldof Astoria ternyata tidak mampu bertahan di tengah terpaan ekonomi. Pada 1929, bangunan yang dirancang oleh Henry Hardenbergh itu diruntuhkan. Pembongkaran selesai dilakukan pada 1930.
 
3. Humboldt Parkway
4 Bangunan Ikonik Amerika yang Dihancurkan
Foto: Buffalo Public Works Department
 
Humboldt Parkway merupakan salah satu taman kota terbesar yang ada di New York. Sebab, kawasan yang dirancang oleh Frederick Law Olmested pada 1868 itu memiliki tujuh taman.
 
Diperkirakan lebar setiap taman mencapai 200 kaki dan dipagari oleh pohon elm. Humboldt Parkway juga terintegrasi dengan Delaware park.
 
Namun, keberadaan taman tersebut mulai dialihfungsikan menjadi jalan tol pada 1950. Pohon dan rumah yang ada di sekitar kawasan tersebut dihancurkan.
 
4. The Chicago Stock Exchange Building
4 Bangunan Ikonik Amerika yang Dihancurkan
Foto: Urban Remains
 
The Chicago Stock Exchange Building tidak hanya sekadar salah satu pusat pergerakan ekonomi. Bangunan yang dirancang oleh Louis Sullivan dan Dankmar Adler itu juga dianggap sebagai mahakarya arsitektur.
 
Bangunan tersebut dihiasi oleh sederetan jendela tersembunyi dan cornice yang khas. Tak hanya itu, ruang bursa juga dihiasi oleh ornamen dengan pola stensil yang dicat dengan indah.
 
Namun, pada 1893, bangunan 13 ini mulai sepi. Pada akhirnya, otoritas setempat memutuskan untuk merobohkan bangunan pada 1972.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif