NEWSTICKER
Atap ruang kelas dibentuk menyerupai sebuah corong untuk menampung air.  Foto: Beer Singnoi
Atap ruang kelas dibentuk menyerupai sebuah corong untuk menampung air. Foto: Beer Singnoi

Ruang Kelas dengan Corong Hujan di Atap

Properti bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Rizkie Fauzian • 26 Februari 2020 18:13
Uthai Thani: Ruang kelas tambahan di Sekolah Ban Wang Toey, Uthai Thani, Thailand ini memiliki bentuk unik dengan warna cerah. Ruang kelas tersebut memiliki struktur terbuka.
 
Studio arsitektur Pareid dan mahasiswa dari Universitas Chulalongkorn merancang Pylonesque, ruang kelas tambahan yang memiliki tempat penampungan air.
Ruang Kelas dengan Corong Hujan di Atap
Foto: Beer Singnoi
 
Atap ruang kelas dibentuk menyerupai sebuah corong yang dapat menampung air hujan. Kemudian air tersebut disalurkan ke tempat penyimpanan yang berada di bawah tanah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Struktur ruang kelas dirancang terbuka yang disesuaikan dengan iklim di Thailand panas dan lembab. Desain tersebut juga membuat ruang kelas tak memerlukan pendingan dan cahaya dari lampu.
Ruang Kelas dengan Corong Hujan di Atap
Foto: Beer Singnoi
 
"Pylonesque dirancang dengan tujuan memanfaatkan lingkungan alami sambil membatasi beberapa dampak yang tidak diinginkan," ungkap arsitek Hadin Charbel dikutip Dezeen.
 
Struktur ruang kelas terbuat dari kerangka baja sederhana yang dibentuk menyerupai tiang listrik. Pelapisnya terbuat dari vinil tembus cahaya berwarna cerah serta kayu lapis untuk isolasi termal.
Ruang Kelas dengan Corong Hujan di Atap
Foto: Beer Singnoi
 
"Dengan mempelajari metode konstruksi yang digunakan untuk tiang listrik, kami memutuskan untuk menghasilkan struktur yang dapat berfungsi ganda sebagai perancah," jelasnya.
 
Menurutnya, struktur bangunan ruang kelas tersebut menyerupai modul payung terbalik. Rangka baja dipadukan dengan atap bergelombang berwarna ungu dan kanopi merah yang kontras.
Ruang Kelas dengan Corong Hujan di Atap
Foto: Beer Singnoi
 
Para arsitek juga merancang berbagai furnitur modular untuk digunakan di ruang kelas. Alasannya memungkinkan siswa dan staf nantinya untuk mengatur ulang furnitur sesuai kebutuhan.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif