Maibara House, rumah dengan desain mirip bungker di Jepang.  (Foto: Yuta Yamada)
Maibara House, rumah dengan desain mirip bungker di Jepang. (Foto: Yuta Yamada)

Unik, Rumah Berbentuk Bunker di Jepang

Properti Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 17 Juni 2019 17:30
Jakarta: Bangunan di Jepang terkenal unik. Salah satunya, rumah berbentuk mirip bunker. Unsur privasi tetap menjadi perhatian utama pemilik rumah demi kenyamanan.
 
Yuk, kita intip uniknya rumah mirip bunker di Jepang, seperti dikutip Dezeen, berikut ini.
 
1. Kamiuma House
Unik, Rumah Berbentuk Bunker di Jepang
(Foto: Masao Nishikawa)
Kamiuma House dirancang dengan unik oleh Chop+Archi. Bentuknya menyerupai segitiga yang disesuaikan dengan ruangan kosong yang ada di sudut jalan bangsal Setagaya Tokyo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rumah tersebut berdiri di lingkungan padat. Pemiliknya meminta arsitek membuat hunian yang mengedepankan unsur privasi, sekaligus tetap mendapatkan suplai cahaya matahari.
 
Menjawab tantangan tersebut, sang arsitek membuat tiga ruang kosong di setiap sudut bangunan. Ruangan tersebut difungsikan sebagai penghubung antara eksterior dan interior.
 
Selain itu, arsitektur juga mendesain tiga lubang di setiap sudut bangunan. Lubang tersebut difungsikan sebagai jalan cahaya matahari ke dalam bangunan.
 
2. House in Toyonaka
Unik, Rumah Berbentuk Bunker di Jepang
(Foto: Katsuya Taira/Studio Rem)
Osaka terkenal sebagai salah satu kota padat di Jepang. Studio FujiwaraMuro Architects mendesain sebuah hunian yang sangat menjaga privasi.
 
Rumah tersebut terdiri atas tiga kotak beton berbentuk L. Setiap kotak memiliki celah sempit yang berfungsi menyuplai udara dan cahaya ke dalam bangunan.
 
Setiap bagian bangunan memiliki fungsi berbeda. Bagian dasar difungsikan sebagai pintu masuk dan garasi. Sedangkan, ruang tamu utama berada di lantai dua yang dihubungkan tangga.
 
Selain itu, arsitek juga merancang 'sumur' cahaya di salah satu ruangan untuk menyuplai sinar matahari ke dalam ruangan. Lantai sumur cahaya pun dibuat transparan agar penerangan alami mencapai lantai dasar.
 
Pun terdapat sebuah anak tangga kantilever untuk menghubungkan ruang tamu dengan kamar tidur yang berada di atas jendela horizontal yang sempit.
 
3. Okinawa House
Unik, Rumah Berbentuk Bunker di Jepang
(Foto: Nacasa&Patners)
Salah satu rumah bunker yang ada di Okinawa House ini berbeda dengan bangunan serupa lainnya. Sebab, berada di lokasi yang tidak padat penduduk, atau tepatnya di tepi pantai.
 
Namun, arsitektur John Pawson tetap membuat sebuah bangunan fasad putih tanpa jendela. Ruangan terbuka hanya dibuat di bagian belakang rumah.
 
Hunian ini terdiri atas tiga blok dengan fungsi terpisah. Garasi dan ruang tamu berada di satu blok yang sama. Sementara ruang tidur ada di blok ke dua. Sementara, blok terakhir difungsikan sebagai teras beratap yang menghadap ke laut.
 
Setiap blok tidak memiliki jendela. Akses masuk hanya ada di garasi dan pintu kayu lebar yang menghubungkan antar blok.
 
4. Little House Big Terrace
Unik, Rumah Berbentuk Bunker di Jepang
(Foto: Takuro Yamamoto)
Rumah yang berada di Tokyo ini sangat aneh. Sebab, hanya tampak seperti kotak beton putih jika dilihat dari luar.
 
Ternyata, rancangan tersebut memang sengaja dibuat oleh Takuro Yamamoto Architects. Hal itu dilakukan untuk menjaga privasi penghuni, mengingat lokasi tersebut kawasan padat penduduk.
 
Takuro Yamamoto Architects merancang jendela menghadap ruang kosong. Pada bagian ujung ruang kosong yang difungsikan sebagai teras itu ditutupi dinding.
 
5. Maibara House
Unik, Rumah Berbentuk Bunker di Jepang
(Foto: Yuta Yamada)
Rumah banker di Shiga ini sangat unik karena terdiri atas dua blok bangunan yang sangat berbeda.
 
Satu blok merupakan paviliun kecil yang memungkinkan penghuni berinteraksi dengan tetangga. Sementara, satu blok lagi merupakan bangunan besar berukuran 124 meter persegi tanpa jendela.
 
"Klien mengharapkan ruang terbuka, tetapi juga membutuhkan privasi," kata arsitek Sumiou Mizumoto dan Yoshitaka Kuga.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif