Desain terbaru Los Angeles County Museum of Art (LACMA) menuai pujian dari aktor Brad Pitt (Foto:Deezen)
Desain terbaru Los Angeles County Museum of Art (LACMA) menuai pujian dari aktor Brad Pitt (Foto:Deezen)

Brad Pitt Puji Desain Arsitektur LACMA

Properti Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 18 April 2019 08:04
Los Angeles: Desain terbaru Los Angeles County Museum of Art (LACMA) menuai pujian dari beberapa pihak, salah satunya aktor Brad Pitt. LACMA merupakan salah satu museum seni ensiklopedik terbesar yang banyak dikunjungi.
 
"Tidak ada cara untuk memahami karyanya selain kamu harus benar-benar melihat dan merasakan cahaya dan bayangannya," kata Brad Pitt saat dikutip dari dezeen.com, Kamis, 18 April 2019.
 
Desain yang terpilih untuk merenovasi museum yang dibangun pada 1910 tersebut adalah milik Peter Zumthor. Dia merupakan arsitek peraih Pritzker, penghargaan paling bergengsi arsitektur dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Brad Pitt mengaku terpukau saat melihat presentasi desain yang dilakukan oleh Zumthor saat sidang the Final Environmental Impact Report (FEIR) untuk skema arsitek. Dia bahkan memperjuangkan Zumthor agar bisa mengikuti pertemuan final penentuan desai renovasi museum LACMA.
 
Seperti diketahui, jalan Zumthor mendapatkan izin renovasi menemui banyak rintangan. Banyak pihak mengkritik desain arsitekturnya satunya kritikus seni Los Angeles Times, Christopher Knight.
 
Dia menilai, desain yang dibuat oleh Zumthor mempersempit ruangan koleksi museum LACMA hingga 929 meter persegi.
 
"LACMA telah menjadi Incredible Shrinking Museum," kata kritikus seni Los Angeles Times," kata Knight.
 
Meski pun begitu, keputusan telah dibuat. Bahkan, Dewan pengawas LA juga menegaskan akan ikut berkontribusi dalam pembangunan tersebut dengan memberikan bantuan biaya hingga USD117,5 juta.
 
Rencananya, proyek tersebut akan dimulai pada tahun mendatang. Proyek renovasi LACMA menjadi pekerjaan pertama Zumthor di Amerika.
 
Selain itu, Zumthor telah merancang banyak bangunan di Eropa. Di antaranya spa Therme Vals (Swiss), the Zinc Mine Museum (Norwegia) dan the Brother Klaus Field Chapel (Jerman).
 
Berbagai karya yang dihasilkan oleh Zumthor membuatnya meraih berbagai penghargaan bergengsi. Seperti Praemium Imperiale pada 2008, Pritzker Prize pada 2009 dan Medali Emas RIBA pada 2013.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif