Bangunan ini pernah disewa oleh penjajah Inggris Sir Thomas Stamford Raffles. Foto: Raffles
Bangunan ini pernah disewa oleh penjajah Inggris Sir Thomas Stamford Raffles. Foto: Raffles

7 Bangunan Memukau di Singapura

Properti bangunan unik singapura desain interior Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 13 Januari 2020 09:21
Singapura: Singapura terus mendirikan bangunan ikonik selama 90-an dan 2000-an. Bangunan yang dibangun pun dirancang dengan mengusung konsep berkelanjutan.
 
Meski negara yang berada di Semenanjung Malaya itu terkenal dengan Changi Airport dan Marina Bay Sands, namun ada bangunan lainnya yang juga memukau. Dikutip CNN, berikut daftarnya.
 
1. Raffles Hotel
7 Bangunan Memukau di Singapura
Foto: Raffles

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raffles Hotel pada awalnya sebuah bungalow milik pedagang Arab. Bangunan tersebut pernah disewa oleh penjajah Inggris Sir Thomas Stamford Raffles.
 
Raffles Hotel mengalami beberapa kali perombakan. Renovasi pertama dilakukan pada 1899 dengan menambah lantai bangunan. Perombakan besar-besaran dilakukan pada 2019.
 
Perubahan terjadi pada tampilan bangunan yang lebih dominan dengan warna putih. Perubahan juga dilakukan pada beranda yang dibuat lebih luas.
 
2. Esplanade-Teatres on The Bay
7 Bangunan Memukau di Singapura
Foto: Shutterstock
 
Bagi masyarakat Asia Tenggara, bentuk Esplanade-Teatres on The Bay cukup familiar karena mirip dengan durian. Tampilan tersebut karena kubah kaca terdiri dari 7.000 aluminium segitiga.
 
Bentuk kulit durian itu bukan desain awal Esplanade-Teatres on The Bay. Awalnya kubah bangunan terdiri dari kaca. Namun, hal itu dikritik karena dianggap menimbulkan efek rumah kaca.
 
3. National Gallery Singapore
7 Bangunan Memukau di Singapura
Foto: Roslan Rahman/AFP
 
National Gallery Singapore dianggap sebagai sebuah karya yang dianggap mampu mengombinasikan gaya arsitektur lama dengan baru, yaitu Balai Kota dan Mahkamah Agung Singapura.
 
Gedung Balai Kota diresmikan pada 1929. Kemudian, pemerintah setempat meresmikan gedung Mahkamah Agung pada 1939.
 
Bagian-bagian penting dari kedua struktur bangunan yang dipertahankan. Salah satunya, kamar tempat Jepang menyerah kepada Inggris pada akhir Perang Dunia II.
 
4. Kuil Sri Mariamman
7 Bangunan Memukau di Singapura
Foto: Shutterstock
 
Kemegahan arsitektur di Singapura tidak hanya pada gedung dan fasilitas umum. Tapi juga menyentuh tempat ibadah.
 
Salah satunya Kuil Sri Mariamman, kuil yang dirancang oleh pengrajin India selatan itu dibangun pada 1927.
 
Bagian yang paling mencolok yaitu gopuram atau menara masuk kuil. Menara tersebut dihiasi dengan patung berbagai tokoh yang diberi corak warna-warni.
 
5. Chijmes
7 Bangunan Memukau di Singapura
Foto: Shutterstock
 
Chijmes merupakan biara Katolik untuk anak perempuan. Bangunan tersebut cukup ramai dikunjungi pada malam hari.
 
Salah satu bagian yang menonjol adalah kapel Gothic. Bagian tersebut menampilkan menara lima lantai. Kolom struktur menara menampilkan ukiran tanaman dan burung tropis.
 
Sementara bagian dalam menampilkan kapel putih yang mempesona. Chijmes bisa disewakan untuk pernikahan.
 
6. Fullerton Hotel Singapore
7 Bangunan Memukau di Singapura
Foto: Shutterstock
 
Fullerton Hotel Singapore adalah salah satu contoh mengesankan dari arsitektur Negeri Singa dalam merenovasi bangunan-bangunan tua.
 
Fullerton Hotel Singapore dulunya merupakan benteng yang dinamai Robert Fullerton. Identitas tersebut diambil dari nama gubernur pertama Straits Settlements (sekelompok wilayah Inggris).
 
Fort Fullerton dirobohkan pada akhir 1870-an dan diganti dengan Exchange Building. Pada 1928, Exchange Building dirobohkan dan dibangun Gedung Fullerton. Gedung tersebut berfungsi sebagai Kantor Pos Umum.
 
Dalam kurun waktu beberapa tahun, Fullerton menjadi gedung kosong. Pada 2001, Fullerton kemudian berubah fungsi menjadi hotel.
 
7. Victoria Theatre dan Concert Hall
7 Bangunan Memukau di Singapura
Foto: Shutterstock
 
Terletak di Civic District, Victoria Theatre adalah salah satu tempat paling terkenal di Singapura. Bangunan ini terkenal karena menara jamnya yang ikonik.
 
Pada 2010, monumen nasional ini sempat ditutup karena dalam tahap perbaikan. Biaya perbaikan mencapai 158 juta dolar Singapura.
 
Perbaikan dilakukan untuk mengembalikan fasad neoklasiknya dan memasang perangkat canggih. Pengerjaan dilakukan selama empat tahun dan kembali dibuka pada 2014.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif